Laporan Kongkalikong 3 Kementerian belum Diterima Ketua KPK

 Featured, Hukum

Jakarta (DOC) – Meski dugaan adanya kongkalikong anggaran pemerintah di sejumlah kementrian dengan DPR sudah santer terdengar dan sampai ke telinga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, Ketua KPK, Abraham Samad mengaku belum menerima laporan sebagaimana yang dilontarkan Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam.

“Saat Pak Dipo datang saya lagi ada acara agenda di luar. Yang menerima adalah Deputi PIPM (Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat-Red) Pak Handoyo Sudrajat,” katanya.

Menurutnya, dirinya tidak mengetahu persis soal laporan itu karena dirinya bukan yang menerima laporan tersebut. “Saya baca di koran ada 3 kementerian. Saya belum tau persis karena belum konfirmasi,” ujar Abraham.

Sebelumnya, pada Rabu (14/11) malam, Dipo mendatangi kantor KPK. Dia melaporkan tiga kementerian yang ke KPK terkait praktik kongkalikong. Meski begitu dia tidak menyebut apa saja tiga kementerian tersebut.

Dia mengaku menerima banyak laporan dari pegawai negeri sipil di kementerian. Kebanyakan laporan itu tentang indikasi kongkalikong dan penggelembungan anggaran. Menurutnya, informasi tersebut mereka himpun dan kroscek dengan pejabat yang melaporkannya. Namun karena Seskab bukan penegak hukum maka hal itu disampaikan ke KPK.

Dipo membantah jika dikatakan laporan tersebut fitnah lantaran pihaknya mempunyai laporan tertulis. Menurunya, tudingan di tiga kementerian tersebut bukan langsung darinya, akan tetapi suara dari laporan PNS. Dia berharap, dengan laporan tersebut bisa mencegah potensi kongkalikong di kementerian. (sm/r3)