Larang Kapal Barang Gunakan Solar Bersubsidi

 Ekonomi

Jakarta,(DOC) – Untuk menghemat kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Solar yang semakin menipis, Pemerintah melarang kapal barang dan kendaraan kehutanan menggunakan BBM solar bersubsidi per 1 Desember 2012 nanti.

Direktur BBM Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) – Djoko Siswanto mengatakan, Dalam waktu dekat, pemerintah akan mengeluarkan Peraturan Menteri ESDM terkait pelarangan bagi kapal barang untuk memakai solar subsidi. Hal ini bertujuan menghemat kuota BBM bersubsidi sekaligus penyaluran BBM bersubsidi bisa tepat sasaran.
“Dalam waktu dekat aturannya akan keluar,” kata Djoko di Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Menurut Djoko, peraturan pelarangan tersebut merupakan revisi Permen ESDM No 12 Tahun 2012 tentang Pengendalian Penggunaan Bahan Bakar Minyak.
“Tidak melayani solar untuk kapal barang, mudah-mudahan ESDM cepat revisi Permennya,” jelas Djoko.

Peraturan Menteri ESDM No 12 Tahun 2012 yang telah diberlakukan sekarang ini mengatur tentang pelarangan kendaraan dinas memakai BBM bersubsidi di wilayah Jabodetabek mulai 1 Juni 2012. wilayah Jawa-Bali per 1 Agustus 2012, dan melarang kendaraan perkebunan serta pertambangan untuk memakai solar bersubsidi yang berlaku mulai 1 September 2012 lalu. Jika ada revisi, maka peraturan tersebut akan memuat pelarangan kapal barang dan kendaraan kehutanan untuk memakai BBM bersubsidi jenis solar per – 1 Desember 2012 mendatang.(oz/r-7)