Latih UKM Bersaing di Jual Beli Online

Tidak ada komentar 132 views

Surabaya, (DOC) – Maraknya jual beli online di sikapi BapemasKB kota Surabaya dengan mengadakan pelatihan bagi 120 Kelompok Pemberdaya Masyarakat (KPM) se-Surabaya hari ini, Sabtu (22/6/2013) di Ubaya Jl Raya Kali Rungkut.
Selama ini BapemasKB sudah melatih para Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk memberdayakan diri dengan membuat aneka kue, makanan maupun kerajinan tetapi untuk memasarkan produk yang dibuat, para pelaku UKM perlu mendapat tambahan pengetahuan tentang cara mengemas,memasarkan dan siap Go Internasional lewat on line.
Ada empat jenis pelatihan yang di berikan sesuai dengan minat, yakni Desain Kemasan, Manageman Kios Elektronik, English for Bisness dan Fotografi Produk & foto editing. Yang paling banyak peminat diantara empat pilihan adalah Fotografi Produk dan foto editing.
Ir Antiek Sugiharti Kepala BapemasKB Surabaya,menjelaskan pentingnya memasarkan produk lewat online agar jangkauan lebih luas lagi tetapi juga diiringi dengan kemasan yang layak. “Mau gak mau, pelaku UKM harus mengikuti perkembangan tehnologi dan jangan sampai produknya tidak laku karena tidak bisa mengemas dengan baik meskipun kwalitasnya bagus. karena bagaimanapun kemasan itu mempengaruhi,” kata Antiek.
Pelatihan yang bekerjasama dengan Fakultas Tehnik Ubaya kali ini, bak gayung bersambut karena disaat UKM binaan membutuhkan pengelolaan hasil produksi Ubaya memfasilitasi. Di Surabaya ada sekitar 466 Kader Pemberdayaan Masyarakat yang berarti ada 5 sampai 10 Pemberdaya Masyarakat di setiap kelurahan dan tergabung dalam Forum Kelompok Pemberdaya Masyarakat. (yen/r4)