Layanan Listrik di Jatim Tetap Aman

Tidak ada komentar 206 views

Surabaya,(DOC) – Direktur Operasi PLN Jawa, Bali, dan Sumatera (DitOpJBS), I Gusti Ngurah Adnyana menegaskan gangguan listrik yang terjadi di Jawa Tengah tidak akan mempengaruhi kelistrikan Jawa Timur karena sampai sekarang aliran listrik di provinsi ini tetap aman.

“Apalagi, kini besaran daya di Jatim mengalami kelebihan suplai hingga 2.400 MW,” katanya, dalam peringatan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas), di Surabaya, Kamis(5/9/13).

I Gusti Ngurah Adnyana mengatakan, saat pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Pacitan dan Tanjung Awar-awar beroperasi maka ketersediaan listrik untuk Jatim meningkat menjadi 3.500 MW.
“Sementara untuk kebutuhan energi listrik masyarakat di Jatim sendiri hanya mencapai 4.600 MW. Angka tersebut ketika berada pada posisi beban puncak,” ujarnya.

Bahkan, pada tahun 2017 Pulau Jawa juga akan memperoleh tambahan daya sekitar 2.400 MW. Hal itu dikarenakan empat tahun mendatang PLN siap berinvestasi dengan menambah jaringan listrik di Sumatera Selatan. “Untuk mengalirkan energi itu dari Sumatera ke Jawa, kami menggunakan kabel laut dengan tegangan searah (DC),” katanya I Gusti.

Disisi lain, mengenai Hari Pelanggan Nasional, General Manager PLN Distribusi Jawa Timur, Haryanto, menambahkan, sebagai wujud kepedulian tersebut pihaknya melayani langsung sejumlah pelanggan yang datang di loket pelayanan PLN Rayon Embong Wungu Surabaya Utara. “Peringatan ini adalah momentum tepat untuk memompa semangat kami guna memuaskan pelanggan,” katanya.

Ia menyatakan, jumlah pelanggan PLN Distribusi Jatim sampai dengan Juni 2013 mencapai sebanyak 8.775.243 pelanggan. Dalam rangka Harpelnas tahun ini, salah satu BUMN itu memberikan program khusus berupa perpanjangan promo “Tambah Daya Listrik Gratis Biaya Penyambungan”. Dan promo ini berlaku sejak 28 Juli 2013 dan diperpanjang sampai dengan 31 Oktober mendatang.(dan/r7)