Lima Daerah Disetujui jadi DOB

Tidak ada komentar 184 views

Warga Papua Barat meluapkan kegembiraannya menyambut kedua wilayah di Papua menjadi daerah otonom

Jakarta (DOC) – Lima daerah di Indonesia dikabulkan DPR dan pemerintah menjadi daerah otonom baru (DOB), Senin (22/10). Kelima daerah tersebut disetujui setelah sebelumnya mengabulkan permohonan bersama 19 daerah lainnya.

Ketua Komisi II DPR bidang pemerintahan, Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan kelima daerah tersebut terdiri dari satu provinsi dan empat kabupaten.Kalimanya masing-masing Provinsi Kalimantan Utara, Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat), Manokwari Selatan (Papua Barat), Pengunungan Arfak (Papua Barat), dan Kabupaten Pesisir Barat (Lampung).

“Dari semua usulan DOB, disepakati 5 DOB,” kata Agun.

Agun menegaskan, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi langsung menyetujui rancangan DOB tersebut setelah mempelajari lima daerah itu. Selanjutnya, lima DOB baru akan dibawa ke rapat paripurna DPR pada 25 Oktober mendatang untuk disetujui.

Mendagri mengatakan keputusan pemekaran yang ditetapkan pemerintah dan komisi II DPR mempertimbangkan pelaksanaan pemilu yang akan digelar di daerah bersangkutan. Pasalnya, daerah otonomi yang baru itu baru bisa memiliki DPRD setelah 3 tahun.

“(Pembentukan) DPRD setelah Pemilu (2014), jadi mereka akan memilih kepala daerah setelah 3 tahun. Setelah anggota DPRD terpilih, baru tahun 2015 boleh pemilukada,” ujar Gamawan.

Ketua DPRD Papua Barat Yosep J. Auri mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan Pansus DOB Baru yang telah memasukkan dua kabupaten Papua.

“Dengan kesepakatan ini, provinsi dan kabupaten harus mendukung penuh, kami DPR Papua Barat harus mendukung UU yang berlaku,” ujarnya.

Seperti diketahui, usulan pemekaran daerah otonomi baru harus mengacu pada PP 78 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan, dan Penggabungan Daerah. Dalam PP itu dinyatakan, calon daerah otonom direkomendasikan menjadi daerah otonom baru jika kemampuan ekonomi, potensi daerah, kependudukan, dan kemampuan keuangan dianggap mampu.(r3/sol)