Limbah TPA Benowo ‘Nyalur’ ke Kali Lamong

Tidak ada komentar 163 views

Surabaya,(DOC) – Pencemaran limbah dari TPA Benowo, Surabaya, selama ini sulit dideteksi, karena saluran limbah yang dibuang ke Kali Lamong dialirkan lewat pipa siluman yang tidak akan pernah terlihat kalau air laut dalam kondisi pasang.

Akibat pencemaran di Kali Lamong ini, banyak ikan mati yang jumlahnya sampai ribuan, bahkan bisa sampai empat hari dalam seminggu. Selain itu juga mengancam pencaharian para nelayan dan petambak yang hidupnya ada di Kawasan Kali Lamong, mereka tidak bisa melaut karena air laut tercemar.

“Kita telah menemukan penyebab kematian berbagai jenis ikan yang sering terjadi di Kali Lamong, yaitu karena limbah sampah TPA Benowo yang di alirkan melalui pipa,” jelas Teguh Ardi Srianto Ketua Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan(KJPL) Surabaya

Menurut Teguh, Kali Lamong merupakan kali atau sungai yang jadi batas wilayah antara Surabaya dan Gresik, yang jadi akses utama para nelayan dan petambak melakukan aktifitas mereka di laut dan ke laut. Di sekitar wilayah ini, terdapat Pulau GALANG yang sekarang dijadikan rebutan antara Surabaya dan Gresik, sementara status pulau dijadikan status quo dan pengelolaan diambilalih Pemprov Jawa Timur.

“Kondisi ini adalah tanggung jawab pemerintah, kami coba untuk menyampaikan protes, agar pelanggaran ini tidak diterus-teruskan,” tegasnya.(r7)