Liponsos Over Kapasitas, Pemprov Harus Turun Tangan

Tidak ada komentar 102 views

Surabaya, (DOC) – Jumlah penghuni pondok sosial(Liponsos) milik pemkot di Keputih Surabaya kini sudah melebihi ambang batas dari kapasitas Liponsos tersebut. Bahkan dari jumlah ideal kapasitas yang hanya mampu menampung maksimal 450 orang kini jumlah penghuni sudah mencapai kisaran 1200 lebih atau tiga kali lipatnnya.
Hal ini tentu menjadikan area liponsos penuh sesak dengan penghuni, ironinya dari jumlah tersebut hampir separuh lebih diantaranya adalah mereka para penderita psikotik (gangguan jiwa ) yang selama ramadhan ini berhasil terjaring operasi penertiban satpol PP di seluruh wilayah di Surabaya.
Menurut Baktiono ketua Komisi D DPRD Surabaya yang pagi kemaren sempat melakukan sidak ke lokasi pondok sosial, jumlah penghuni tidak sepadan dengan ruangan yang ada, akibatnya dikuatirkan penanganan mereka tidak akan bisa berjalan secara maksimal karena keterbatasan sdm dan lahan.
Semakin banyaknya jumlah penghuni ini menurut Baktiono dsinyalir akibat ada kesengajaan mendrop mereka dari luar daerah untuk sengaja dimasukkan ke Surabaya. Hal ini indikasinya terlihat dari jumlah penderita yang hampir 90 persen warga asal luar Surabaya. Menyikapi hal ini Baktiono berharap adanya campur tangan pemprov Jatim untuk penanganan mereka. (k5/r4)