Lomba Dayung Semarakan Perayaan HUT Kota Surabaya ke 724

Surabaya,(DOC) – Walikota Surabaya menghimbau kepada seluruh peserta lomba dayung untuk giat berlatih dan mau mengembangkan bakat talentanya. Himbauan tersebut disampaikan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini ketika membuka acara lomba dayung dragon boat race and game tahun 2017 di kawasan monkasel – Sungai kalimas, Surabaya, Sabtu (6/5/17) sekaligus menandai Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-724.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, acara ini mampu memunculkan atlet-atlet muda dari surabaya yang nantinya menorehkan prestasi, baik di level lokal maupun internasional. “Lebih dari itu, acara ini mampu menjauhkan mereka dari kenakalan remaja seperti narkoba,” kata Risma di sela-sela sambutannya.

Kepala Dinas dan Pendidikan Olahraga (Dispora), M. Afghani mengatakan, tujuan acara ini untuk meningkatkan rasa kecintaan masyarakat surabaya khususnya atlet atau peserta terhadap olahraga dayung.  “Selain itu, memanfaatkan sungai kalimas lewat olahraga dan digunakan sebagai sarana wisata,” ujar Afghani.

Sementara Kasi Olahraga dan Prestasi Dispora, Sugiyanto menambahkan diselenggarakannya perahu naga fun and game untuk menanamkan rasa kepeduliaan terhadap sungai kalimas. Artinya, melalui acara ini masyarakat surabaya digugah hatinya untuk lebih mencintai lingkungan sungai kalimas.

Festival Kalimas yang diselenggarakan selama satu bulan ini terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama berlangsung pada pukul 09.00-15.00, dilanjutkan sesi kedua pukul 18.00-21.00. Dan diikuti 450 peserta yang terdiri dari 41 tim. Masing-masing peserta berasal dari 3 golongan, antara lain pelajar SMA, mahasiswa, TNI (Armatim dan Marinir) dan Polri.

Nantinya, sambung Gik sapaan akrabnya, pihaknya akan mengambil 20 pemenang masing-masing 10 pemenang dari sektor pria dan wanita. “Pemenang akan mendapat uang pembinaan dan sertifikat,” imbuh Mantan Sekretaris UPTD Kenjeran tersebut.

Adapun serangkaian macam lomba yang diadakan antara lain, lomba dayung dragon, sampan, rescue, galon dan kintir ban.(hms/r7)