Makanan yang ‘Pas’ Dikomsumsi Saat Musim Hujan

Author:
Arinda Veratamala

Jakarta,(DOC) – Musim hujan begini akan ada banyak macam penyakit yang bermunculan, seperti diare, DBD, demam, dan masih banyak lagi. Untuk itu, Anda perlu untuk mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan juga menghangatkan tubuh. Agar Anda tidak mudah terserang penyakit.

Beberapa makanan yang Anda perlukan di saat musim hujan seperti ini adalah:

Jahe

Di musim hujan yang dingin seperti ini, enaknya pasti minum air jahe. Ya, jahe dapat menghangatkan tubuh Anda. Selain itu, jahe juga baik untuk meringankan masalah pencernaan. Anda bisa menambahkan jahe ke dalam sup ayam atau ke dalam teh hangat, pasti enak sekali.

Bawang Putih

Tak disangka, bawang putih juga dapat memberi kehangatan pada tubuh Anda di cuaca dingin seperti ini. Selain itu, bawang putih juga mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas. Sehingga, sel-sel dalam tubuh dapat terlindungi.

Daging

Daging, selain mengenyangkan juga dapat membuat tubuh Anda menjadi hangat. Perut yang kenyang di musim hujan seperti ini tentu membuat Anda tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, daging merah juga mengandung zat besi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi Anda. Sehingga, Anda terhindar dari kurang darah atau anemia.

Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi sehingga membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar Anda tidak mudah sakit. Antioksidan ini juga dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Di samping itu, teh hijau hangat juga dapat membantu menghangatkan tubuh Anda.

Ubi dan singkong

Selain mengenyangkan, ubi dan singkong dapat membantu menghangatkan tubuh Anda. Makan ubi dan singkong rebus yang masih hangat di tengah hari yang hujan di temani dengan secangkir teh hangat memang sangat nikmat. Ingat, di musim hujan seperti ini, tubuh membutuhkan lebih banyak asupan makanan untuk diubah menjadi energi guna menghangatkan tubuh. Ubi dan singkong rebus sepertinya menjadi makanan selingan yang lezat dan bermanfaat.

Yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus. Jumlah bakteri baik yang lebih tinggi daripada jumlah bakteri jahat dalam usus dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Selain itu, yogurt juga dapat menjaga kesehatan usus Anda.(Arinda Veratamala S.Gz)