Makna Qurban Tepat Sasaran

Tidak ada komentar 104 views

Surabaya,(DOC) – Lions Club Surabaya (LCS) Kresna punya cara berbeda untuk memperingati Hari Raya Idul Adha. Sebelum disembelih, 1 ekor sapi Madura yang akan diqurbankan, terlebih dahulu diarak menyusuri jalan raya Tambak Asri, Selasa (15/10/2013).
Diiringi grup musik patrol dari “Nagabonar”, sapi seberat 110 kilogram tersebut diajak berjalan sejauh 500 meter.
Setelah disembelih, daging qurban tersebut kemudian dibagi-bagi ke warga penghuni kolong jembatan tol Tambak Asri. Dibawah jalan tol yang menghubungkan Dupak-Perak ini, terdapat 15 keluarga hidup dalam kondisi memprihatinkan. Karena tak hanya kumuh, tapi bau busuk sungai harus mereka hirup tiap hari.
Selain disitu,daging qurban juga diberikan ke 65 keluarga yang tinggal di “Kampung 1001 Malam” atau pemukiman para pemulung, pengamen, pengemis, kuli bangunan dan tukang becak.
“Terima kasih untuk daging qurbannya. Sudah lama saya tidak makan daging sapi,” ujar Siti Aminah, janda penghuni kampaung 1001 malam.
Sementara itu, Silvia Zulaika, Presiden Lions Club Surabaya (LCS) Kresna, menyatakan, pihaknya sengaja memilih kawasan kumuh.untuk berqurban, agar penerimanya tepat sasaran.
Menurutnya, makna Qurban sangat luas dan terbatas pada ritual penyembelihan hewan qurban semata. “Kalau Idul Qurban hanya sebatas menyembelih hewan, maka alangkah mudahnya berkurban, terutama bagi orang yang kelebihan harta. Tinggal beli hewan kurban lalu selesai tanpa ada makna dan hikmah yang dipetik,” cetus Silvia.(r7)