Malam Ini Harga BBM Naik

Tidak ada komentar 79 views

Jakarta,(DOC) – Pemerintah memastikan malam nanti, Jumat (21/6/2013) mengumumkan kenaikan harga BBM. Hal itu dikemukakan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik di Komplek Istana Kepresidenan, Jumat pagi.
Jero menuturkan sudah mendapatkan sinyal dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).
“Tadi sudah dapat instruksi dari presiden, akan diumumkan bersama. Kemungkinannya malam ini, tengah malam. Tempatnya sedang dipikirkan di mana. Tempatnya sedang diatur,” ujar Jero.
Namun demikian, ujar Jero, presiden tidak turut serta dalam pengumuman kenaikan harga. Pengumuman akan dilakukan oleh para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.
“Bisa menteri perekonomian. Bisa menteri perekonomian didampingi saya. Bisa juga saya didampingi para menteri lain. Mungkin saya yang umumkan,” katanya.
Sementara itu, Kepastian kenaikan BBM yang telah disampaikan oleh Pemerintah ini, memicu aksi mahasiswa dari berbagai daerah.
Di Surabaya sendiri, Jumat (21/6/2013) Siang, Ratusan mahasiswa dan buruh telah menggelar aksi di depan Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubenur Suryo Surabaya.
Aksi massa yang dilanjutkan di gedung DPRD Surabaya, jalan Yos Sudarso ini, sempat membuat pihak kepolisian melakukan pengalihan arus lalu lintas, mulai dari jalan Basuki Rahmat yang akan ke Gubernur Suryo dialihkan ke jalan Embong Malang.
Aksi unjukrasa penolakan kenaikan harga BBM ini, juga dilakukan oleh para mahasiswa yang berada di Bandung. Sekitar ratusan mahasiswa yang menamakan dirinya Konsolidasi Mahasiswa Indonesia pada Jumat (21/06/2013) malam nanti, akan melakukan aksi kembali.
Aktivis Konsolidasi Mahasiswa Indonesia, Achyar Al-Rasyid mengatakan dalam aksinya nanti, mahasiswa akan melakukan aksi teatrikal yang terpusat di depan Gedung Sate, Bandung.(r4/r7)