Manfaat Bawang Putih Untuk Kita

Tidak ada komentar 93 views

Surabaya, (DOC) – Bawang putih tak hanya sekedar bumbu penyedap masakan saja, namun juga bermanfaat terhadap kesehatan. Berbagai zat yang terdapat dalam bawang putih menguntungkan bagi manusia dalam banyak hal.
Telah sejak jaman dahulu bumbu beraroma khas ini dikenal sebagai antivirus dan antijamur oleh ahli pengobatan tradisional. Komponen kimiawi bernama allicin yang terdapat dalam bawang putih, terbukti mencegah pertumbuhan jamur albicans fungus. Jika Anda menderita sakit kulit, oleskan bawang putih yang telah dikupas dan dibelah hingga keluar getahnya, secara teratur hingga penyakit Anda tuntas.
Nah, apa lagi alasan mengapa Anda harus mengonsumsi bawang putih setiap hari? Berikut ini seperti dilansir oleh laman indiatimes:
– Antioksidan pada bawang putih sangat kuat, sehingga mampu menurunkan kolesterol dan mencegah pengaruh buruk radikal bebas yang merusak lapisan arteri. Ia juga menghentikan pembentukan jaringan parut.
– Makanlah bawang putih mentah untuk menurunkan tekanan darah. Bumbu ini juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kekakuan trombosit, sehingga mengencerkan darah.
– Untuk penderita diabetes tipe 2, maka konsumsi bawang putih akan membantu mengatur kadar gula Anda agar normal.
– Untuk membuat olahan bawang putih yang sehat dan tidak merusak zat yang terkandung di dalamnya, maka panggang atau ovenlah kentang bersama dengan bawang putih dan selada hingga matang.
– Konsumsi bawang putih juga dapat melawan flu dan demam, dengan cara dicampur pada bumbu sup dan salad. Rasanya juga lezat dicampur dalam sayuran panggang.
Jadi ada banyak alasan dan cara dalam mengonsumsi bawang putih, sehingga Anda harus selalu menambahkannya dalam menu setiap hari. (sdm/r4)