Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Tidak ada komentar 179 views

Surabaya, (DOC) – Jika biasanya Anda jarang mengonsumsi buah, sebaiknya jadikan anggur sebagai awal perubahan Anda. Ini semua karena anggur memiliki lebih dari satu manfaat kesehatan untuk tubuh.
Anggur memiliki banyak nutrisi, beberapa diantaranya adalah falavanoid, mineral, vitamin A, B1, B2, B6, B12 dan C. Oleh karena itu anggur bisa membantu mengobati berbagai penyakit seperti gangguan pencernaan, lemah jantung dan masalah kulit.
Pada buahnya, anggur mengandung flavanoid yang dapat meningkatkan kandungan antioksidan dalam darah dan akan melindungi kerusakan pembuluh darah serta mencegah penggumpalan trambosit. Semakin gelap warna anggur semakin banyak kandungan flavanoidnya.
Buah anggur juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan, melancarkan aliran darah dan menghentikan pendarahan. Buah anggur yang sudah dijadikan cuka berguna sebagai astringent dan dapat menyejukkan kulit wajah.
Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat. Walau pahit, biji anggur digunakan untuk mengobati varises karena kandungan procyanolic oligomers di dalamnya. Sedangkan daunnya sendiri mampu mengurangi kadar kolesterol, mengatasi tekanan darah tinggi dan sindrom menopause. Jika sedang diare, bisa menyeduh daun anggur dengan air panas atau digunakan dengan cara berkumur untuk mengobati sariawan, radang gusi dan sakit tenggorokan. (yen/r4)