Manfaat Mengurangi Nasi Putih

Tidak ada komentar 158 views

Surabaya, (DOC) – Nasi putih memang menjadi makanan pokok bagi banyak orang, dan tak dipungkiri ia adalah sumber energi bagi tubuh. Namun karbohidrat yang menjadi sumber energi pada nasi putih dapat jadi penyebab utama bertambahnya berat badan Anda.
Berikut adalah informasi bagi Anda mengenai manfaat menjauhi konsumsi nasi putih secara berlebihan, seperti dilansir oleh laman Boldsky:
Stabilkan gula darah
Menjauhi nasi bermanfaat bagi stabilnya kadar gula darah. Nasi memiliki indeks glikemik tinggi yang menyebabkan kadar gula akan naik drastis usai mengonsumsinya.
Hindari konstipasi
Makin banyak nasi yang dimakan, makin besar resiko Anda menderita konstipasi atau sembelit. Ini karena serat yang dikandung nasi putih sangat sedikit. Berbeda dengan nasi merah atau ubi dan kentang serta oatmeal.
Jauh dari diabetes
Salah satu penyebab timbulnya penyakit diabetes tipe 2 adalah banyaknya konsumsi nasi. Ada baiknya Anda ganti sumber karbohidrat Anda dengan beras merah agar lebih sehat.
Berat badan turun
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka umumnya disarankan untuk mengurangi asupan karbohidrat dari nasi. Coba Anda menjauhi nasi selama 1 bulan saja, dan bisa dipastikan berat badan Anda akan turun.
Pati
Para ahli berpendapat bahwa nasi putih mengandung terlalu banyak pati. Zat pati bisa memicu timbulnya penyakit diabetes, sehingga ada baiknya dikurangi asupannya.
Mengombinasikan asupan zat karbohidrat Anda pastinya lebih baik dan sehat, jadi cobalah menjauhi nasi putih untuk sementara waktu. (sdm/r4)