Mantan Pelatih Barca Nyatakan Pensiun

Tidak ada komentar 101 views

Barcelona,(DOC) – Kabar duka datang dari Camp Nou, markas raksasa Spanyol Barcelona. Mantan pelatih Barcelona, Tito Vilanova menghembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan kanker tenggorokan yang memaksanya berhenti melatih akhir musim lalu. Demikian pengumuman Barcelona seperti dilansir dari Newsnow.co.uk
Tito, 45 tahun itu menjabat pelatih kepala menjelang musim 2012-2013 setelah menjadi asisten Josep Guardiola. Bersama Pep-panggilan akrab Guardiola, Tito menjadi bagian priode paling sukses dalam sejarah klub itu di mana mereka memenangi tiga dari empat gelar juara La Ligadan dua kali juara Liga Champions pada 2009 dan 2011.
Barca meneruskan sukses tersebut dengan menciptakan rekor memenangi awal liga dengan memenangkan 18 dari 19 kali laga, namun pada Desember 2012 Vilanova didiagnosis kanker untuk kedua kalinya. Itu membuat asistennya Jordi Roura terpaksa mengambilalih tugasnya ketika dia menjalani perawatan.
Pada akhir musim Vilanova mengumumkan dia mundur untuk berkonsentrasi pada pemulihannya dari sakitnya itu. Jabatan Tito digantikan oleh Gerardo Tata Martino yang berasal dari Argentina. Memulai karir sebagai pemain di Barcelona B, Tito Vilanova menghabiskan waktunya berpetualng di berbagai klub Spanyol. Ia akhirnya kembali ke Barcelona sebagia asisten pelatih Barcelona B pada tahun 2007. Tito meninggalkan seorang istri dan dua orang anak Carlota dan Adrià, yang kini bermain di Barcelona B.(co/r7)