D-ONENEWS.COM

Masih Muda Tapi Punya Ambeien? Bisa Saja

masih muda ambeien
Jakarta, (DOC) – Selama ini ambeien atau hemoroid atau wasir sering dikenal sebagai penyakit orangtua. Namun, jangan salah, ternyata ambeien juga bisa pada kalangan anak muda. Hanya saja, banyak orang yang mungkin tidak ingin memeriksakannya ke dokter karena malu atau malah tidak tahu kalau itu adalah ambeien.
Jika Anda terasa ada benjolan di anus, terasa nyeri saat buang air besar, serta keluar darah saat buang air besar, Anda mungkin mengalami ambeien. Ambeien merupakan pembesaran vena pada bagian bawah dari rektum yang menyebabkan pembengkakan pada anus.
Tentu, ambeien tidak muncul begitu saja. Beberapa hal bisa menyebabkan ambeien, seperti:

  • Sering mengalami kesulitan saat buang air besar atau sembelit. Sembelit dan mengejan terlalu keras dapat menyebabkan pembesaran vena sehingga Anda mengalami ambeien. Untuk itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi banyak serat dan banyak minum untuk mencegah sembelit dan ambeien. Selain itu, bergerak aktif atau melakukan olahraga secara teratur juga dapat membantu mencegah sembelit serta ambeien.
  • Punya hipertensi porta. Berbagai penyakit yang meningkatkan tekanan darah pada regio porta (hipertensi porta) dapat menyebabkan ambeien.
  • Kehamilan juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena ambeien. Walaupun mekanisme yang menyebabkan hal ini belum diketahui secara pasti.
  • Genetik juga diduga dapat meningkatkan risiko Anda terkena ambeien. Jika orangtua Anda punya ambeien, risiko Anda punya ambeien mungkin lebih besar. Tapi, risiko ini bisa Anda kurangi dengan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. (and)
Loading...