May Day, 70 Ribu Buruh Turun Jalan

Tidak ada komentar 122 views

Surabaya (DOC) – Sebanyak lebih dari 70.000 buruh besok bakal turun ke jalan dalam memeringati Hari Buruh se-Dunia pada Rabu, 1 Mei 2013 (May Day). Tercatat, ada sekitar 20 elemen buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) Jatim sudah melaporkan ke pihak berwenang akan menggelar aksi unjukrasa.

Mereka akan menyerbu gedung negara Grahadi Surabaya, Bandara Juanda, Bundaran Waru, dan PT Masipon dimana Presiden SBY dijadwalkan akan berada di tempat tesebut.

Koordinator MPBI Jatim Jamaluddin mengatakan, puluhan ribu buruh itu berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Mojokerto dan Gresik.

”Rencananya Gubernur Jatim Soekarwo berjanji menemui buruh,” tegasnya.

Tuntutan yang akan diusung MPBI Jatim pada May Day kali ini adalah mendesak penetapan upah minimum sektoral kabupaten/kota (UMSK) Jatim.

“Tuntutan regional adalah segera ditetapkan UMSK di Jatim. Untuk tuntutan nasional tetap pada pemenuhan upah layak dan jaminan sosial, penghapusan outsourcing serta tolak kenaikan harga BBM,” kata dia.

Dia menegaskan, massa MPBI Jatim juga berencan melakukan aksi unjukrasa di depan Maspion dimana Presiden akan berkinjung.

“Kami masih koordinasikan lebih lanjut dengan kawan-kawan buruh lainnya. Ini karena rencana awal memang terpusat di Grahadi,” katanya.

Tuntutan yang ditujukan kepada Presiden SBY, yakni agar segera merealisasikan jaminan kesehatan untuk buruh, dengan cara merivisi peraturan presiden (Perpres) dan peraturan pemerintah (PP) tentang jaminan kesehatan. “Kami juga menutut Menakertrans (Muhaimin Iskandar, red) untuk merivisi KHL dari 60 menjadi minimal 84 dan maksimal 122. Serta meminta sistem kontrak atau outsourcing dihapus,” tandasnya.

Buruh, katanya, juga akan melakukan sweeping setiap pabrik untuk mengajak buruh ikut merayakan mayday. “Ini untuk memperjuangkan nasib buruh secara bersama-sama,” kata Jamal. (r3/r4/r7)