Media Center Puspen TNI Diresmikan Panglima

Tidak ada komentar 124 views

Jakarta, (DOC) – Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko meresmikan penggunaan Media Center Puspen TNI yang berada di dalam Komplek Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Jenderal TNI Moeldoko disaksikan para Pejabat Teras Mabes TNI, Pemimpin Redaksi dan Wartawan dari Media Cetak dan Elektronik, Rabu (28/5/2014).
Diresmikannya Media Center Puspen TNI adalah untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas Pusat Penerangan TNI di dalam mentransformasikan informasi penerangan TNI, baik ke dalam maupun ke luar institusi TNI. Disamping itu, Media Center ini sebagai wahana pelayanan informasi terkait dengan kebijakan-kebijakan TNI yang berbasiskan teknologi informasi dan komunikasi serta tempat berkumpulnya mitra kerja berbagai kalangan media dalam rangka penyerapan maupun penyebaran informasi kegiatan TNI.
Dalam sambutannya Panglima TNI mengatakan, berangkat dari derasnya pengaruh global, pandangan, tinjauan realitas, peran dan tugas, terbetik dalam pikiran Panglima TNI, dan mungkin mimpi ditengah harapan bila TNI memiliki kemampuan media. Mimpi itu baru dapat direalisasikan oleh Kapuspen TNI, sebatas dengan dibangunnya Media Center Puspen TNI, dengan empat pungsi didalamnya yaitu Media Monitoring, Media Analysis, Perpustakaan dan Press Room.
Panglima TNI berangan-angan bahwa mimpi itu menjadi harapan bila Media Center Puspen TNI TNI dapat dikolaborasikan dengan jajaran media se-Indonesia, menjadi suatu kekuatan social struggle bangsa Indonesia dalam perjuangan memenangkan wacana. Media massa Indonesia harus mampu menentukan atau to define realitas, melalui pemakaian kata-kata yang terpilih dalam military campaigne, untuk menjaga dan memelihara stabilitas, serta kedaulatan NKRI, khususnya diperbatasan negara.
Fasilitas yang tersedia di ruangan Media Center tersebut antara lain : Media Monitoring, digunakan memonitor pemberitaan media elektronik/TV berkaitan dengan kegiatan TNI. Media Analysis, sebagai sarana memonitor dan menganalisis isi pemberitaan (content analysis) dilengkapi dengan Website TNI, Website Media Monitoring TNI, Website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) serta aplikasi media sosial baik Twitter, Youtube dan Facebook. Perpustakaan, dilengkapi buku-buku umum dan media massa yang dapat diakses anggota TNI maupun wartawan serta dilengkapi dengan e-book yang dapat diakses melalui komputer dan saat ini sudah tersedia 5.000 e-book. Press room, dilengkapi dengan telephone, Fax, Komputer dan Printer serta fasilitas Wifi untuk mengirimkan berita melalui internet. Press Room ini dapat digunakan oleh rekan-rekan wartawan untuk membuat berita, baik pada saat meliput kegiatan di Mabes TNI maupun di luar kegiatan TNI sehari-hari.
Dengan tersedianya sarana dan prasarana Media Center tersebut, diharapkan dapat dijadikan sebagai wahana untuk menyerap informasi dari berbagai kalangan, mengolah data dan selanjutnya dilakukan analisa dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI. Tidak kalah penting adalah sebagai upaya pembangunan opini positif TNI, sehingga dapat terus terpelihara dengan baik. (puspen/r4)