Melawan, Residivis Curwan Ditembak Mati Anggota Polres Jember

 Hukum, Pelosok Nusantara

Lumajang,(DOC) – Satuan Reserse Kriminal Polres Jember menembak mati, Suki (45), seorang residivis pelaku pencurian hewan (Curwan), Minggu (16/7/2017).

Pelaku Suki (45), warga Dusun Krajan, Desa Cakru, Kecamatan Kencong, Jember terpaksa ditembak setelah berusaha melarikan diri dan memberikan perlawanan ketika akan ditangkap petugas saat ketahuan mencuri dua ekor kambing milik (S) warga warga Cakru Kencong.

Dalam aksi penangkapan itu seorang anggota Polisi mengalami luka bacok ditangan sebelah kiri akibat terkena sabetan celurit milik pelaku.

Kronologis kejadian Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo menjelaskan, Anggota Resmob Polres Jember sedang melakukan patroli, pada saat itulah petugas mendapati kendaraan mencurigakan dan pelaku membawa 2 ekor kambing, saat akan di perhentikan petugas pelaku tidak mau berhenti, petugas kemudian langsung melakukan pengejaran hingga sampai ke Lumajang.

Sampai di Desa Tukum, Kecamatan Tekung, Lumajang akhirnya pelaku berhenti usai menabrak warung, salah satu pelaku mendekati polisi dengan melawan membawa sebilah clurit.

“Beruntung petugas langsung menangkisnya sehingga mengalami luka ditangan sebelah kiri, disitulah petugas memberikan tindakan tegas kepada pelaku dengan memberikan tembakan hingga meniggal dunia,”terang Kusworo.

Pelaku ini merupakan residivis yang sudah melakukan aksi kejahatan sebanyak 3 kali yang pertama pada tahun 2013 dengan vonis satu setangah tahun, yang ke dua pada tahun 2015 dann sekarang ini melakukan yang ketiga kalinya.

“Pelaku ini setiap pulang ke Desanya selalu membuat resah dan pasti ada hewan yang hilang,  sehingga saat tersangka datang ke desa itu, warga langsung waspada dan menginformasikan ke resmob sehingga kita lakukan patroli, dan ternyata benar,” terangnya.

Polisi menyita barang bukti dua ekor kambing hasil curian, satu unit motor dan sebilah celurit milik pelaku. Dari pengungkapan kasua pencurian hewan itu, Polisi juga langsung menyerahkan kembali 2 ekor kambing kepada sang pemilik di Mapolres Jember. (mam/r7)