Mendekat Ke Masyarakat Lewat Kesehatan “KESIRA”

Surabaya , (DOC) – Kompleksitas masalah kesehatan masyarakat memang tidak pernah habisnya. Upaya pemerintah dalam menanggulanginya pun dengan berbagai program jaminan kesehatan pun, juga masih kurang maksimal dan terkadang implementasinya berbeda.
Partai Gerindra yang perduli dengan kondisi seperti ini, telah membentuk organisasi sayap “Kesehatan Indonesia Raya”(KESIRA), yang bertugas menangani masalah kesehatan sekaligus membantu masyarakat dalam memperoleh kesehatan layak.
Keberadaan KESIRA, sekarang telah menyebar diseluruh kota dan kabupaten se Indonesia, termasuk di Surabaya.
Dilengkapi dengan sarana kendaraan Ambulance, disetiap kota dan kabupaten, KESIRA setiap harinya selalu di sibukkan dengan program pendampingan kesehatan gratis terhadap masyarakat yang kurang mampu.
Sesuai dengan visi misi-nya , KESIRA mempunyai 6 program kesehatan yaitu, program pedampingan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu, tanggap bencana, peningkatan kualitas hidup ibu dan anak, program mental health hingga kampanye minum susu atau revolusi putih serta membentuk klinik KESIRA.
Yayuk Puji Rahayu Ketua KESIRA kota Surabaya menjelaskan, Program KESIRA ini memang sudah menjadi tugas dan kewajiban hingga di tingkat kota dan kabupaten termasuk kota Surabaya, secara otomatis.” Untuk Surabaya, hampir seluruh program terlaksana, yang jarang hanya tanggap bencana, karena Surabaya relative aman. Sedang program yang paling banyak yaitu program pendampingan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu.” Kata Yayuk, disela pembentukan tim KESIRA di tingkat kecamatan se Surabaya, dikantor DPC Gerindra Surabaya – Jl. Gayungsari barat 2/9, Jumat(14/12/12) malam.
Lebih lanjut Yayuk Puji Rahayu menambahkan, program pendampingan kesehatan ini, memang banyak ragamnya. Dalam setahun ini KESIRA telah menemui banyak kasus kesehatan yang ditanganinya, seperti mendampingi warga miskin yang terserang penyakit kaki gajah, pasien kelainan kelamin, sampai Balita yang tercebur ke dalam kuah soto mendidih.“Alhamdulillah semua bisa tertangini, berkat perjuangan tim.” Ujar Anggota Komisi D DPRD Surabaya.
Selain melakukan pendampingan, KESIRA Surabaya juga sering mendatangi posyandu posyandu untuk memberikan makanan tambahan pendamping ASI kepada Balita. Kemudian membagikan susu kepada penghuni rumah susun(rusun), hingga mengunjungi para lansia yang kurang mampu yang tengah sakit. “yang terakhir kita mendatangi lansia yang tengah menderita kanker stadium lanjut. Saat itu pasien sudah putus asa untuk hidup, tapi kita bersyukur, dokter KESIRA bisa mensuport semangatnya lagi.” Imbuh Yayuk.
Menyinggung soal pembentukan tim KESIRA di tingkat Kecamatan, Yayuk menambahkan, relawan kesehatan yang ingin dan telah bergabung dengan KESIRA Gerindra Surabaya semakin banyak. Mereka juga siap ditugaskan di masing masing kecamatan. Namun sebelum bertugas, para relawan kesehatan ini akan dibekali dengan materi dan prosedur penanganan kesehatan, melalui pelatihan yang rencana akan digelar pada Minggu(16/12/12) besok.
“workshop akan di gelar sehari dikantor DPC. Selain soal pemahaman prosedur pelayanan kesehatan gratis dari rumah sakit, para relawan ini juga diberi materi soal HIV/AIDS, terutama bagaimana cara menangani pasien yang terkena penyakit ini.” Kata Yayuk.
Sementara itu di tempat terpisah, Ketua DPC Gerindra Surabaya BF,Sutadi menyatakan, KESIRA ini memang menjadi ujung tombak partai yang perduli terhadap kesehatan masyarakat di tingkatan paling kecil sekalipun. Diharapkan kiprah-Nya bisa membuat masyarakat lebih tenang dalam mendapatkan jaminan kesehatan. “ Gerindra sangat mensuport kiprah KESIRA. Bahkan bila perlu disetiap PAC Gerindra, juga terbentuk PAC KESIRA. Karena hanya dengan ini Gerindra bisa lebih dekat dengan masyarakat, sekaligus mengetahui problem kesehatan masyarakat yang tengah mengalami musibah dan bencana.” Tegas Mantan Assiten 1 Pemkot Surabaya ini.(R7)