Mendekati Malam ‘Syuroan’, Polrestabes Kumpulkan Para Pendekar dari Perguruan Beladiri

MeSurabaya,(DOC) – Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Aris Haryanto, SH, MHum, mewakili Kapolrest melakukan pertemuan dengan sejumlah perguruan pencak silat, di Ruang M. Yasin Mapolrestabes yang bertujuan menggalang kebersamaan dalam menjaga keamanan ketertiban, menjelang akan berlangsungnya tahun baru Islam atau dikenal dengan ‘Syuroan”.

AKBP Aris menjelaskan, malam “syuroan” yang biasanya diperingati rutin tiap tahun oleh masyarakat termasuk sejumlah perguruan pencak silat, harus dijaga keamanannya hingga menjadi kebutuhan bersama. Mengingat seringkali perselisihan terjadi antar perguruan beladiri, saat momentum seperti ini, hanya karena hasutan dan persoalan sepele.

“Perselisihan menjadi besar oleh hasutan atau informasi yang menyesatkan dari segelintir orang yang tidak bertanggung jawab. Kami Kepolisian Polrestabes Surabaya  mengajak untuk bersama-sama ikut serta berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ungkapnya, Sabtu(16/9/2017).

Sementera itu, Kabag Ops Polrestabes Surabaya, AKBP Bambang Sukmo Wibowo menyatakan, pihak kepolisian akan memantau setiap wilayah yang akan menjadi tempat ‘sabung’ antar perguruan bela diri dalam memperingati datangnya tahun baru islam 1 Muhharam, Kamis(21/9/2017) mendatang.

“Polrestabes Surabaya siap menurunkan personil untuk mengamankan pertunjukkan tersebut,” katanya.

Dalam pertemuan itu, Polrestabes mengundang beberapa perguruan pencak silat di Surabaya, diantaranya dari perguruan PSH Teratai dan STK Winongo.

Selain memberikan pengarahan, pihak Polretabes Surabaya juga menjalin penandatanganan kerjasama nota kesepakatan dengan para perwakilan perguruan – perguruan bela diri. untuk menciptakn  tercipta situasi wilayah Polrestabes Surabaya yang kondusif dan harmonis.(hd/r7)