D-ONENEWS.COM

Menteri ESDM : Fantastis … PT SO Hasilkan Listrik 2 Megawatt

 
Sudirman said
 

Surabaya,(DOC) – Meteri Energi dan Sumber Daya Minerel (ESDM), Sudirman Said menyatakan bahwa Surabaya merupakan salah satu dari beberapa Kabupaten dan Kota yang paling siap dalam proses konversi sampah menjadi energi listrik.

Beberapa Kabupaten dan Kota seperti yang disampaikan Sudirman Said diantaranya, Jakarta, Bandung, Tangerang, Semarang, Surabaya, Solo serta juga Makassar.

Disela-sela melakukan kunjungan ke tempat Pengolahan Sampah yang ada di Benowo. Sudirman Said menyampaikan, pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo yang dilakukan PT Sumber Organik (SO) bisa menghasilkan energi listrik sekitar 2 Megawatt. “Tapi kapasitas untuk kontrak 1,65 Megawatt,” tambahnya.

Masih kata Sudirman, sebelumnya ada maksimum kapasitas untuk kontrak. Namun setelah ada ada Peraturan Presiden (Perpres) dan pembaharuan Peraturan Menteri (Permen) sudah tak ada lagi batasan.

Sudirman mengungkapkan, saat ini soal tarif sudah cukup bagus, kemudian perizinan juga tak ada masalah. Hanya saja, untuk membahas soal kontrak tinggal keterkaitan antara Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan penyedia listrik.

Sudirman mengungkapkan, masalah kontrak dengan PLN bergantung Tri Rismaharini (Risma) Walikota Surabaya, dan Risma sendiri menyatakan akan menindak lanjutinya.

“Kontrak dengan PLN tergantung pada bu Risma sebagai Walikota Surabaya,”pungkas Sudirman. (w5)

Loading...