Mentimun Untuk Nyeri Sendi dan Sakit Kepala

Tidak ada komentar 186 views

Surabaya, (DOC) – Mentimun atau ketimun memiliki kadar air yang cukup tinggi, juga mineral, vitamin dan nutrisi lainnya. Tercatat pada mentimun ada vitamin C, A, folat, mangan, kalium, silika, molibdenum, belerang, serta vitamin B kompleks, natrium, kalsium dan fosfor.
Karena itu, mengonsumsi mentimun diklaim dapat memberi manfaat untuk beberapa masalah kesehatan seperti berikut ini:
* Kanker. Beberapa macam zat yang terdapat dalam mentimun dapat mengurangi produksi estrogen dalam tubuh, yang dipercaya berhubungan dengan timbulnya kanker payudara, ovarium, kanker rahim, serta kanker prostat.
* Mencegah dehidrasi. Kandungan air dan nutrisi lain dalam mentimun sangat baik untuk proses hidrasi tubuh, terutama di musim panas. Ia juga memberi efek mendinginkan, dan membantu proses detoksifikasi.
* Nyeri sendi. Silikon atau silika yang terdapat dalam mentimun bermanfaat untuk mengurangi nyeri sendi. Ia juga dapat berfungsi memperkuat jaringan ikat di otot, ligamen, tendon, serta tulang rawan. Selain itu kadar asam urat juga bisa diturunkan dengan konsumsi ketimun.
* Sakit kepala. Sakit kepala, terutama yang disebabkan oleh dehidrasi atau kondisi usai mabuk berat, dapat diatasi dengan minum jus ketimun. Di dalamnya ada kandungan berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh untuk kembali fit.
* Diabetes. Bahkan untuk penyakit diabetes, mentimun juga bermanfaat, lho menurunkan sedikit kadar gula Anda. Demikian pula kadar kolesterol, dan tekanan darah yang tinggi, ia bisa menurunkannya. Untuk Anda yang mengalami darah rendah, konsumsi sedikit saja ya.
Masih banyak lagi manfaat mentimun, buah serba guna ini bagi kesehatan. Tak ada salahnya Anda konsumsi sepotong setiap hari, untuk menjaga kondisi tubuh. (sdm/r4)