MH370 Korban Pembajakan Cyber Pertama Dunia

Tidak ada komentar 118 views

Inggris,(DOC) – Seorang pakar anti teror asal Inggris turut angkat bicara mengenai kemungkinan menghilangnya pesawat Malaysia AirlinesMH370 yang diduga kuat dibajak.
Sally Leivesley, seperti dilaporkan News.com.au mengungkapkan bahwa pesawat modern macam Boeing 777-200ER bisa dibajak dengan melalui USB atau telepon seluler. Bahkan Sally menyebut tragedi MH370 sebagai ” pembajakan cyber pertama dunia. ”
“Tampak lebih dan lebih meyakinkan bahwa beberapa sistem kontrol diambil alih dengan sengaja, baik secara manual, seseorang duduk menguasai autopilot, atau dengan perangkat di lokasi lain yang mematikan sistem.Telepon seluler bisa digunakan untuk melakukannya, atau (melalui) USB. Ketika pesawat di udara, Anda bisa memasukkan perintah dan kode yang memulai sebuah proses tertentu” kata Leivesley.
Hal itu lebih mudah dilakukan saat ini karena, bahkan, sistem in-flight entertainment juga bisa terkoneksi melalui USB di kursi penumpang.
“Apa yang kita temukan sekarang, bisa saja, telepon seluler digunakan untuk memulai sebuah aplikasi jahat, atau malware, di komputer, untuk memulai seluruh instruksi,” tambah Sally lagi.
Sally mengatakan, sistem komputer pesawat memang mengagumkan, tetapi bukan berarti tak ada celah untuk membobolnya. “Bagaimanapun, ada beberapa cara (untuk membobolnya) karena ada celah dalam sistem tersebut, dan perangkat genggam seperti telepon seluler bisa digunakan untuk melakukannya,” kata Leivesley, yang bersama rekannya kini aktif melatih kalangan pemerintahan Inggris untuk melawan terorisme.(co/r7)