D-ONENEWS.COM

Muncul Konflik Antar Warga Rebutan Air Bersih

 

Foto : Suasana dialog warga Benowo dengan managemen Pdam Surya Sembada

Surabaya,(DOC) – Puluhan warga Benowo Surabaya Barat mendatangi kantor PDAM Surya Sembada, Jl. Moestopo Surabaya, Kamis(24/8/2017).
Mereka menuntut pertanggungjawaban BUMD milik Pemkot ini, atas terjadinya krisis air di 6 perkampungan wilayah Kandangan Benowo.
Heri Adiyono menyatakan, distribusi air dengan menggunakan mobil tangki PDAM telah memicu konflik antar warga, karena rebutan air bersih.
“Mampetnya air Pdam selama 3 bulan, diganti dengan pengiriman air lewat mobil tangki Pdam. Solusi ini malah membuat pertengkaran sesama warga,” ungkapnya, saat berdialog dengan pihak managemen PDAM Surya Sembada.
Dalam kesempatan itu, warga juga mengeluhkan lamanya perbaikan pipa hingga membuat suplai air terhenti. Pengiriman air lewat mobil tangki yang tidak merata ini, bukan solusi terbaik.
Emosi warga memuncak sempat memuncak di saat awal dialog.
Foto : Perwakilan managemen PDAM Surya Sembada. Nampak Sekper Pdam, M.Iqbal(kiri), Ka Humas Pdam, Ari Bimo(tengah)

Menjawab pertanyaan itu, Kepala Bagian Humas PDAM Surya Sembada kota Surabaya, Ari Bimo Sakti menyatakan, distribusi air lewat mobil tangki itu memang tidak bisa merata karena lokasi pengiriman yang cukup jauh. Sementara jumlah mobil tangkinya juga terbatas sehingga kurang maksimal.
“Lokasi pengiriman jauh dan armadanya terbatas sehingga tidak bisa merata. Tapi kalau soal mampetnya distribusi air, ini akibat kontur tanahnya yang lebih tinggi. Kita sekarang sudah menambah pipa valve jalur khusus untuk memperlancar distribusi. Sekitar 2 mingguan pengerjaannya selesai,” pungkas Bimo.(r7)

Loading...