Muncul Petunjuk Baru Keberadaan Pesawat MAS di Satelite China

Beijing,(DOC) – Harapan kembali muncul setelah pemerintah China merilis foto satelit yang menangkap benda mengapung dan asap di Laut China Selatan. Sedikitnya ada tiga foto yang dirilis badan luar angkasa China.
Seperti yang dikutip dari Daily Mail, Kamis (12/3/2014), 3 foto itu diambil dari jarak yang masih cukup jauh. Tak begitu jelas apa benda yang dimaksud, namun ukurannya memang dipastikan besar.

Meski belum jelas, tapi benda itu bisa menjadi petunjuk penting untuk menemukan pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 yang hilang.

Kepala Penerbangan Sipil China, Li Jiaxiang, mengatakan, obyek itu memang tertangkap satelit China di sekitar Laut China Selatan atau tak jauh dari titik terakhir pesawat itu menghilang dari radar. Namun belum bisa dipastikan apakah benar-benar dari MH370. Yang jelas, ada asap di sana.

“Satelit China menemukan asap dan benda mengapung. Saat ini, kami belum bisa memastikan ini berhubungan dengan pesawat yang hilang,” kata Li Jiaxiang saat bertemu dengan parlemen, Kamis (13/3/2014), seperti diberitakan Reuters.

Informasi ini tentu saja direspons cepat oleh tim evakuasi Malaysia dan Vietnam. Mereka bergerak ke lokasi untuk memastikan benda yang mengapung tersebut.

Pesawat jet dikirim untuk menyisir 20 kilometer dari area itu. Penemuan ini diyakini bisa menjadi pintu masuk melacak keberadaan pesawat Malaysia Airlines(MAS) MH370.

Tiga benda itu memang ditemukan tersebar dalam radius 20 km di 105,63 derajat Bujur Timur dan 6,7 derajat Lintang Utara. Ukuran yang tampak dari benda tersebut adalah 13×18 meter, 14×19 meter dan 24×22 meter.

Sejatinya, China berhasil mendeteksi keberadaan tiga benda ini hanya sehari setelah Malaysia Airlines dinyatakan hilang, atau pada Minggu (9/3/2014) lalu. Namun mereka baru merilis ke publik pada Rabu (12/3/2014) kemarin. Karena sebelumnya, Pemerintah China sendiri diduga merasa tidak yakin dengan apa yang mereka temukan. Terlebih mereka tidak ingin semakin menambah kebingungan keluarga penumpang pesawat yang terus menanti kabar baik.(dc/r7)