Mundur dari Menpora, Andi Merasa Tak Bersalah

Tidak ada komentar 218 views

Jakarta (DOC) – Andi Malaranggeng mundur darai jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi proyek Hambalang. Meski mundur, Andi tetap menyatakan dirinya tidak bersalah dalam kasus tersebut.

Andi mengatakan, semua tuduhan kepada dirinya tidak benar. Sebab, ujarnya, sejak dirinya menjadi dosen dan menjadi menteri selalu bekerja dengan  baik dan lurus.

”Sejak mahasiswa saya selalu menyerukan pemerintahan yang bersih dan idealisme itu saya pegang teguh sampai saat ini,” ungkap Andi, Jumat (7/12).

Dia menyatakan, sejak dirinya menyatakan mundur akan langsung konsentrasi terhadap proses hukum yang tengah membelitnya. “Bahkan saya siap sampai ke pengadilan,” tegas Andi.

Sebelumnya, penetapan Andi Mallarangeng sebagai tersangka tercantum dalam surat permohonan cegah nomor 4569/01-23/12/2012 Tanggal 3 Desember 2012 yang diajukan KPK kepada Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Dalam surat itu nama Andi ditulis sebagai tersangka.

Dalam hasil audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahap I untuk proyek P3SON Hambalang, Andi Mallarangeng dianggap melanggar peraturan perundang – undangan. Andi diduga membiarkan Sekretaris Menpora ketika itu, Wafid Muharram, melaksanakan wewenang Menpora.

Wafid menandatangani surat permohonan persetujuan kontrak tahun jamak tanpa memperoleh pendelegasian dari Andi. Kesalahan Andi lainnya, menurut BPK, membiarkan Wafid menetapkan pemenang lelang konstruksi dengan nilai kontrak di atas Rp 50 miliar tanpa ada pendelegasian dari Andi.

Tindakan Wafid dinilai melanggar Keppres Nomor 80 Tahun 2003. Atas tindakan membiarkan itu, Andi kembali dianggap melanggar PP Nomor 60 Tahun 2008. Dalam audit BPK disebutkan bahwa proyek Hambalang ini diindikasikan merugikan negara Rp 243,66 miliar.(lp/sm/r3)