Muslim AS Kenalkan Kosakata Alquran dalam Bahasa Isyarat

 Featured, Lainnya

Amerika serikat (DOC) – Kabar gembira datang dari komunitas Muslim Amerika yang tergabung dalam Orgaisasi Muslim Tuna Rungu Globa (GDM), yang terdiri para tuna runggu. Mereka yang kesulitan dalam memahami istilah ataupun aksara Arab yang tak masuk dalam bahasa isyarat, dalam waktu dekat akan bisa menikmati dan memelajarinya.

GDM memandang, alih bahasa isyarat menjadi kebutuhan mendesak mereka untuk memahami Islam secara kaffah.GDM pun meluncurkan kampanye menerjemahkan Alquran ke bahasa isyarat standar Amerika atau ASL. Organisasi yang berpusat di AS tersebut mengenalkan kosakata Alquran dalam bahasa isyarat.

Video tentang bahasa isyarat akan disebarluaskan ke setiap penjuru dunia. Kampanye tersebut diluncurkan GDM dalam acara Asosiasi Komunitas Muslim (MCA) di Teluk Selatan, California, AS.

Dikutip dari Republika, Presiden GDM, Nashiru Abdulai membuka kampanye dengan mempresentasikan secara singkat kosakata Islam umum dalam bahasa isyarat ASL. “Untuk sebagian besar warga Amerika tuna rungu menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mereka. ASL merupakan bahasa pertama mereka,” ujar Davi Braker seperti dikutip Examiner.

Dengan peggunaan ASL sebagai bahasa utama, kata Braker, para tuna rungu kesulitan dalam memahami teks Islam. Apalagi tak tersedianya guru bagi tuna rungu yang siap memberikan pelajaran tentang Alquran dan Islam.

“Jadi, muslim tuna rungu benar-benar dalam kebingungan ganda, yakni tak memiliki teks Isam yang dapat dipahami, sekaligus tak memiliki guru yang memadai untuk menjawab pertanyaan mereka,” tuturnya.(rol/ons/r3)