N219, Pesawat Asli Buatan Indonesia Sukses Terbang di Bandung

Pesawat N219 yang sukses uji terbang di Bandung.

 

Bandung, (DOC) – Pesawat N219 buatan asli Indonesia yang dirakit oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI) bersama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sukses melakukan test flight (uji terbang), Rabu (16/8/2017). Pesawat N219 diujicoba terbang selama 40 menit di langit Bandung.

Pesawat rancangan anak bangsa ini take off dari Bandara Husein Sastranegara, Jalan Pajajaran, Kota Bandung dari pukul 09.00-10.00 WIB. Rencananya pesawat ini akan terbang ke arah barat Bandung.

“Pesawat akan terbang ke arah barat. Nanti berputar-putar selama 40 menit,” kata Asisten Khusus Pengembangan Pesawat Terbang PTDI, Andi Alisjahbana di hanggar PTDI.

Andi memperkirakan, pesawat yang dirancang khusus operasional dalam negeri ini akan terbang di langit Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Wilayah tersebut dipilih lantaran jauh dari pemukiman penduduk.

“Kemungkinan di sekitar Batujajar, soalnya jauh dari pemukiman penduduk. Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas dia.

Menurutnya, uji terbang pesawat N219 sudah dipersiapkan secara matang. Mulai dari pemasangan kamera hingga ratusan sensor di badan pesawat angkut ringan tersebut. Sehingga, bisa terpantau dari darat.

“Nantinya sensor dan kamera di pesawat mentransmisi data ke pusat komando untuk dipelajari. Nantinya kalau ada yang kurang baik akan diberitahukan kepada pilot pesawat,” kata Andi.

Pesawat N219 dirancang untuk menerbangi daerah terpencil dengan kapasitas penumpang 19 orang. Pesawat N219 bisa digunakan untuk mengangkut penumpang sipil, angkutan militer, angkutan barang atau kargo, evakuasi medis, hingga bantuan saat bencana alam.(dtc/ziz)