Normalisasi Saluran Air, PKL Disapu

Tidak ada komentar 215 views
Surabaya, (DOC) – Sejak pukul 06.00, Jumat (12/10/2012), personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya bergerak melakukan penertiban dan pembongkaran terhadap bedak-bedak atau stan PKL yang ada di pasar tradisional Keputran dan Pucang. Kehadiran petugas Satpol PP tak pelak membuat para PKL kelabakan.
Petugas Satpol PP meminta para PKL membongkar stan mereka. Puluhan bedak itupun satu persatu dirobohkan. Begitu juga dengan para penjual makanan dan minuman yang ada di pasar Pucang, diminta pindah atau gerobak mereka  diangkut petugas.
Kuseri, salah seorang PKL rombeng di Pasar Pucang kaget dengan penertiban yang datang tiba-tiba. Mereka mengaku tidak ada pemberitahuan sebelumnya atas penertiban ini. Puluhan PKL itu dengan terpaksa membongkar ataupun memindahkan dagangannya. Sebagian alat peraga tetap ada yang diangkut petugas terutama kayu dan papan bekas bangunan bedak semi permanen milik pedagang.
Kepala Satpol PP Kota Surabaya Irvan Widyanto menegaskan, upaya ini sebagai bentuk penataan terhadap keberadaan para PKL di Pasar Keputran dan Pasar Pucang. Dirinya menyatakan, penataan ini juga dalam rangka normalisasi saluran air, mengingat sebentar lagi musim penghujan. Selama ini para PKL itu menempati di area trotoar atau di atas saluran pematusan.
“Ini bukan penertiban tapi penataan dan pengaturan terhadap para PKL, sudah beberapa kali kita lakukan disini. Kebetulan hari ini ada kegiatan kebersihan saluran disini yang selama ini tidak bisa kita lakukan karena ditutupi alat peraga PKL. Untuk itu akan kita atur, kita tata agar jangan permanen,” jelas Irvan.
Dari pengamatan d-onenews di lokasi Pasar Pucang, ada puluhan bedak stand PKL yang selama ini berdiri di sepanjang trotoar. Beberapa kali langkah penertiban dilakukan namun PKL tetap kembali lagi di lokasi semula, walau pemkot telah menempatkan pot-pot tanaman palm yang cukup besar. Selain itu area parkir kendaraan bermotor juga menutupi hampir separuh badan jalan Pasar Pucang ini. (K5/R4)