Oknum Wartawan Diringkus Polisi, Diduga Peras Kades Sumberbaru

Jember,(DOC) – Diduga melakukan pemerasan terhadap Kepala Desa Sumberbaru, seorang oknum wartawan berinisial HS diringkus Polres Jember.

HS merupakan warga Desa Randuangung, Kecamatan Randuagung, Lumajang yang selama ini menggunakan kartu pers – nya untuk meminta sejumlah uang dengan mengancam korban sebuah pemberitaan. Kepada petugas HS mengaku seorang wartawan media nasional terbitan Surabaya.

Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, menyatakan, tersangka melakukan pemerasan kepada kepala Desa Sumberbaru setelah ditunding melakukan praktek pungutan liar (pungli) layanan masyarakat kepada warga Sumberbaru.

“Kades inilah sebagai korban yang di takut-takuti dengan adanya tindak pungli  oleh tersangka,” ujar Kapolrest dalam keterangan pers-nya di Mapolres Jember, Senin(2/4/2018).

Dalam kasus ini, tersangka HS meminta uang ke korban sebesar Rp. 5 juta dan hanya dijanjikan akan di beri uang Rp. 2 juta.

“Ketika itulah pelaku menyanggupi dan berjanji tidak mengedarkan. Pelaku di suruh untuk menunggu karena Kades akan menyiapkan uangnya, dan saat itulah kades langsung berkoordinasi dengan Polsek Sumberbaru,” jelasnya.

Kini pihak Polrest Jember tengah mengejar salah satu pelaku lainnya berinisial N yang di duga kuat juga turut terlibat aksi pemerasan.

“Karena diduga N ada keterlibatan menikmati hasil pemerasan,” terangnya.

Selain itu, lanjut AKBP Kusworo, tim penyidik Polres Jember juga akan melakukan penelusuran keberadaan kantor media di Surabaya, tempat oknum wartawan tersebut bekerja.

“Tersangka akan dijerat dengan pasal 368 dan 369 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” pungkasnya.(mam/r7)