D-ONENEWS.COM

Operasi Mako Brimobs Berakhir, 155 Tahanan Teroris Menyerah

foto : pasukan ditarik, operasi Mako Brimobs selesai

Jakarta,(DOC) – Ultimatum serbuan dari pihak kepolisian terhadap 155 tahanan teroris yang melakukan kerusuhan di Mako Brimob, akhirnya berbuah hasil.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, mengungkapkan, sebanyak 145 tahanan teroris menyerahkan diri, Kamis(10/5/2018) pagi.

“Aparat keamanan memberikan ultimatum, bukan negosiasi ya, tapi memberikan ultimatum bahwa kita akan melaksanakan serbuan,” kata Wiranto dalam keterangan persnya.

Wiranto menjelaskan, usai diberikan ultimatum, sebanyak 145 tahanan dari 155 tahanan terorisme menyerahkan diri tanpa syarat.

“Maka sebelum fajar mereka menyerah tanpa tanpa syarat. Tidak ada negosiasi, tidak ada syarat,” tambah Wiranto.

Serbuan tetap dilakukan oleh pihak kepolisian kepada 10 tahanan teroris yang tidak menyerahkan diri. Saat penyerbuan, posisi mereka sudah terisolasi hingga pada akhirnya mereka menyerahkan diri juga kepada pihak kepolisian. Sekitar pukul 07.15 WIB, Kamis(10/5/2018), Polri menyatakan operasi Rutan cabang Salemba selesai.

“Kita saksikan bunyi tembakan, bom, granat air mata dan penyisiran. Dalam serbuan tersebut 10 sisa teroris tersebut menyerah sehingga lengkap 155 teroris menyerah,” katanya.

Terpisah, Wakapolri Komjen Syafruddin, menjelaskan, pihak Kepolisian RI berhasil mengambil alih Mako Brimob Kelapa Dua di Depok tanpa ada korban jiwa. Hal ini menepis kabar bahwa terdapat belasan korban meninggal saat penanggulangan keributan.

“Polri dalam menangani selalu berupaya se-persuasif mungkin dan berkepala dingin. Saya selalu menekankan dari semua unsur untuk berkepala dingin walaupun teman-temannya menjadi korban,” katanya.

Komjen Syafruddin menegaskan, pengambilalihan Mako Brimob di Kelapa Dua menggunakan soft approach bukan negosiasi. “Tidak ada negosiasi, tidak ada urusan kesepakatan, ini semua dilakukan dengan soft approach. Yang lain saya koreksi,” ujarnya.

Ia mengoreksi berita kejadian di ternyata di Rutan Salemba cabang Brimob, bukan di Rutan Mako Brimob. Sebelumnya sandera telah dibebaskan.(kc/r7)

 

Loading...