Operasi Pasar Setiap Hari Untuk Stabilkan Harga

Tidak ada komentar 90 views

Surabaya,(DOC) – Melambungnya harga sejumlah barang kebutuhan pokok jelang lebaran, khususnya daging sapi, nampaknya mendapat respon dari Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya. Melalui Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS), Pemkot hari ini menggelar operasi pasar di Pasar Wonokromo, Kamis (18/7/2013), guna menstabilkan harga.
Direktur Utama PDPS, Karyanto Wibowo menyatakan, operasi pasar akan terus dilakukan selama 20 hari ke depan di 67 pasar seluruh Surabaya. Sebanyak 2 ton daging sapi digelontorkan di sembilan pasar tiap harinya. Dia mengatakan daging-daging itu didatangkan dari tempat-tempat pemotongan hewan resmi di Surabaya dan sekitarnya.
Kendati demikian, Karyanto menggarisbawahi operasi pasar tidak dilakukan di tempat yang sama setiap hari. Sebab, pihaknya mempertimbangkan aspirasi para pedagang. “Kalau tiap hari di pasar yang sama kasihan pedagangnya,” ujarnya. Dia menambahkan, PDPS memantau perkembangan harga tiap minggu. Sebisa mungkin harga jual daging bertahan pada rentang yang ditetapkan pemerintah, yakni berkisar antara Rp 75 ribu-Rp 80 ribu per kilogram.
Sementara itu, animo masyarakat terhadap operasi pasar yang digelar PDPS sangat tinggi. Kerumunan warga yang didominasi ibu-ibu langsung menyerbu stan daging PDPS di bagian depan Pasar Wonokromo. Hal ini karena daging yang dijual lebih murah dibanding harga pasaran. Menurut Hj. Hajar, salah seorang pembeli, kegiatan semacam ini sangat menguntungkan konsumen, apalagi ditengah lonjakan harga beberapa kebutuhan pokok.
“Harganya selisih Rp 2 ribu sampai Rp 3 ribu lebih murah dari harga pasar. Di sini, saya membeli daging seharga Rp 78 ribu per kilogram,” ungkapnya.
Dijumpai di sela-sela acara, Wali Kota Tri Rismaharini mengatakan, tugas perusahaan daerah memang bukan hanya mencari keuntungan saja, tetapi juga untuk membantu meringankan beban masyarakat. Salah satunya melalui operasi pasar. Selain itu, pemkot melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) juga melakukan langkah serupa di sepuluh lokasi.
Dengan melimpahnya stok daging sapi di pasaran, wali kota berharap harga daging bisa berangsur stabil. “Ini semua demi masyarakat,” katanya.(r7)