Pagar Jati Tuntut Panlih Percepat Pilwawali

Tidak ada komentar 212 views

Surabaya,(DOC) – Puluhan massa yang tergabung dalam Paguyuban Arek Jawa Timur (Pagar Jati) DPW Jatim siang tadi mendatangi Gedung DPRD Surabaya, Rabu (6/11/2013). Mereka menuntut agar panitia pemilihan (panlih) segera melaksanakan pemilihan wakil wali (pilwawali) Kota Surabaya.
Korlap aski Zainul Fadli menuding selama ini panlih tidak serius mempersiapkan proses Pilwawali. Bahkan, panlih banyak melakukan skandal permainan tarik ulur untuk menghambat pelaksanaan pilwawali.
“Panlih tidak berbuat apa-apa, ini ada permainan yang melibatkan mafia di lingkungan pemkot (pemerintah kota) yang menginginkan Risma (Wali Kota Tri Rismaharini) jadi
one lady show,” kata Zainul dalam orasinya di halaman DPRD Surabaya.
Zainul menegaskan, panlih terlalu banyak beralibi untuk menunda-nunda pelaksanaan pilwawali. Tujuannya menjadikan Risma sebagai penguasa tunggal di lingkungan pemkot Surabaya.
“Apalagi tidak ada wakil, Risma leluasa bersama mafia mengatur Surabaya. Selain itu, ada permainan dalam menentukan proyek-proyek besar di Surabaya,” teriaknya.
Mereka tidak hanya melakukan orasi. Sejumlah poster bernada menghujat juga menjadi penghias aksi yang dimulai sekitar 11.00 WIB. Diantarnya bertuliskan panlih jangan banyak beralibi, risma jadi one lady show, pilih wawali harga mati, risma leluasa memenopoli proyek bersma mafianya.
“Menuntut panlih segera mengadakan pilwawali, dan ketua DPRD Surabaya segera mengesahkan hasil pilwawali,” tegasnya.
Sementara massa aksi terus melakukan orasi, sejumlah perwakil DPW Pagar Jati Jatim menemui Komisi A DPRD Surabaya. Mereka ditemui Ketua Komisi A Armuji, Tri Didik Adiono, dan Hafid Su’aidi.
Atas tuntutan massa aksi, Tri Didik menjelaskan belum mengambil sikap terhadap panlih yang bersikukuh menggelar pilwawali pada 15 November. Sebab, Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Surabaya telah menentukan jadwal sendiri.
“Yang menentukan paripurna pilwawali hari ini Banmus. Tapi panlih masih mencari-cari alasan agar tetap dilakukan tanggal 15 November,” jelasnya.
Penjelasan politikus asal PDI Perjuangan ini tidak membuat puas. Zainul Fadli yang mewakili DPW Pagar Jati Jatim mengatakan berdasarkan info yang diketahui pada Senin (4/11/2013) panlih justru tidak melakukan tugasnya.
“Apapun alasannya, pilwawali harus dilaksanakan hari ini (kemarin) juga,” pintanya tegas.(zk/r7)