Pagelaran Wayang Orang di Mabes TNI

Tidak ada komentar 154 views

Jakarta (DOC) – Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., menyaksikan Pagelaran Wayang Orang, yang merupakan persembahan perdana dari Keluarga Besar TNI, bertempat di GOR A. Yani Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Jum’at malam (5/10/2012). Pagelaran Wayang Orang digelar dalam rangka Peringatan ke-67 Hari TNI tahun 2012, dengan mengambil cerita “Mbangun Candi Sapta Arga” yang mengajarkan nilai-nilai kepada kita bahwa dalam membangun suatu bangsa, selain membangun fisik juga harus disertai pembangunan mental dan jiwa sehingga karakter bangsa menjadi kuat dan sentosa.

Panglima TNI dalam sambutannya mengatakan, Wayang Orang bukan sekadar warisan budaya leluhur bangsa yang harus kita lestarikan. Sejak dahulu, selain menjadi hiburan rakyat yang murah dan bermutu, wayang juga dapat menjadi media komunikasi yang paling efektif dalam menyebarluaskan pesan-pesan moral tentang kerukunan bermasyarakat, ajaran agama bahkan nasionalisme dan patriotisme.

Nilai-nilai luhur bangsa tersebut telah mampu membawa bangsa Indonesia ke dalam kehidupan yang merdeka dan maju seperti yang kita rasakan saat ini. Oleh sebab itu, sebagai salah satu komponen generasi penerus bangsa, sudah sepantasnya apabila TNI juga turut berpartisipasi dalam melestarikan dan mengembangkan warisan luhur bangsa, termasuk kesenian tradisional lainnya, sebagaimana yang diwujudkan dalam pagelaran Wayang Orang malam ini.

Meskipun pagelaran Wayang Orang yang diselenggarakan pada malam ini mengambil corak budaya Jawa, namun pada hakikatnya pagelaran Wayang Orang atau Wayang Kulit merupakan aset nasional yang dimiliki bangsa Indonesia dan telah mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional. Wayang bahkan telah diakui sebagai warisan dunia, sebagaimana yang telah dinyatakan oleh Badan Pendidikan dan Kebudayaan PBB atau UNESCO, bahwa Wayang merupakan masterpiece of the oral and intangible heritage of humanity, seni budaya asli Indonesia yang telah menjadi seni budaya dunia.

TNI patut berbangga hati dengan pengakuan dunia internasional tersebut, dan bahkan saat ini telah banyak praktisi budaya dari mancanegara yang berminat mempelajari dan menampilkan budaya asli Indonesia ini di negaranya.

Acara Pagelaran Wayang Orang yang diperankan oleh para prajurit dan Purnawirawan TNI serta Ibu-ibu yang tergabung dalam Keluarga Besar TNI ini, disaksikan pula oleh Kasal, Kasau, Kapolri beserta Ibu, para sesepuh TNI, pejabat Mabes TNI dan Angkatan, Prajurit TNI dan PNS di lingkungan TNI serta para undangan. (R 6)

(Sumber berita Puspen TNI/Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc., M.Si., M.A.)