Pakde Karwo Naik Haji Sambil Cari Petunjuk Untuk Wakil

Surabaya, (DOC) – Memilih pasangan yang pas, selain Saifullah Yusuf untuk pertarungan pilgub Jatim 2013 membuat Gubernur Soekarwo bimbang. Dalam waktu dekat  Pakde Karwo mengambil cara lain dengan menunaikan ibadah haji untuk  istikharah meminta petunjuk Sang Khaliq  untuk memastikan siapa calon wakil gubernur yang paling tepat digandeng pada Pilgub Jatim mendatang.

Menurut sumber di internal partai Demokrat Jatim, Pakde Karwo akan berangkat haji bersama keluarga pada pertengahan Oktober 2012 ini. “Pakde bersama keluarga akan berangkat haji, sekitar tanggal 18 Oktober ini,” ujar sumber yang enggan disebut namanya, Selasa (9/10).

Selain ibadah haji untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah, Pakde Karwo juga akan melaksanakan shalat istikharah meminta petunjuk dari Allah, siapa kiranya yang pantas mendampingi beliau menjadi cawagub. “Mungkin juga sekalian istikharah untuk menentukan pasangan cawagubnya,” terang sumber

Sebagaimana diketahui, kandidat cawagub yang digadang-gadang mendampingi Soekarwo, di antaranya, Saifullah Yusuf (Wagub), Sirmadji (Ketua DPD PDIP Jatim), Abdul Halim Iskandar (Ketua DPW PKB Jatim), Musyafa’ Noer (Ketua DPW PPP Jatim), Imam Nahrawi (Sekjen DPP PKB), Kuswanto (Ketua DPD Hanura Jatim), Faf Adisiswo (Sekretaris DPW Gerindra Jatim) dan masih banyak lagi.

Keberangkatan Pakde Karwo bersama keluarga menunaikan ibadah haji, juga menguatkan kabar kalau launching pencalonannya maju kembali pada Pilgub Jatim mendatang, bersamaan dengan pelantikan DPC-DPC Partai Demokrat diundur pada 11 November 2012. Padahal rencana awal kegiatan itu dijadwal pada 14 Oktober mendatang. “Pelantikan ketua DPC-DPC Partai Demokrat se Jatim, diundur 11 November mendatang,” jelas Bendahara DPD PD Jatim, Ahmad Iskandar

Selain itu, kabar kepastian Pakde Karwo menjawab lamaran PDIP untuk diajak koaliasi pada Pilgub Jatim mendatang juga kemungkinan besar akan tertunda. Pasalnya, DPP PDIP mendeadline jawaban Soekarwo pada 12 Oktober mendatang, bersamaan dengan pembukaan Rakernas PDIP di Pakuwon Surabaya oleh Ketum DPP PDIP, Megawati Soekarno Puteri. Sebab orang nomor satu di Jatim akan istikharah dulu di tanah suci, sebelum menentukan sikap terkait running Pilgub Jatim.

Terpisah, Kakanwil Kemenag Jatim, Sudjak juga mendengar kabar kalau Gubernur Jatim bersama keluarga akan menunaikan ibadah haji tahun ini. Namun besar kemungkinan tidak melalui embarkasi Juanda Surabaya karena menggunakan haji plus. “Haji plus itu langsung melalui Jakarta dan waktunya hanya sekitar 15 hari. Sesuai jadwal haji plus mulai berangkat tanggal 16 Oktober,” katanya. (R12/R9)