Pakde Karwo Putuskan Gandeng Gus Ipul Lagi!

Tidak ada komentar 397 views

Surabaya(Doc)- Teka-teki siapa calon wakil gubernur (cawagub) yang bakal digandeng Soekarwo untuk running Pilgub 2013, akhirnya terjawab.
Pakde Karwo -pangilan Soekarwo-tetap menggandeng Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang merupakan representasi dari warga Nahdliyin (NU) untuk berduet di ajang Pilgub 2013.

Uniknya, pengumuman memilih Gus Ipul ini dilakukan usai upacara Hari Jadi Propinai Jatim ke-67 di Gedung Negara Grahadi, Jum’at (12/10) siang. Dengan demikian, keinginan warga Jatim untuk mendukung duet Pakde Karwo-Gus Ipul atau dikenal dengan KarSa, benar-benar terwujud.

“Ini hari Jum’at hari baik, saya sudah cocok dengan Gus Ipul dan akan bergandengan kembali. Ini masih soft launching, nanti ada grand launching-nya,” tegas Pakde Karwo kepada wartawan.

Pakde Karwo yang juga Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Jatim selama ini telah berulangkali mengatakan bahwa pasangannya adalah dari kalangan Nahdliyin, bukan nasionalis. Pasangan dari NU yang dimaksud selama ini adalah Gus Ipul yang juga salah seorang ketua PBNU dan mantan Ketua Umum PP GP Ansor.

Sebelumnya, dikabarkan Pakde Karwo bakal istikharah (mencari petunjuk) dulu mencari pasangannya dalam pilgub, saat ibadah haji di Tanah Suci pada 16 Oktober 2012. Ternyata, niat itu diutarakan pada hari ini.

Lebih dari itu, Pakde Karwo juga telah melakukan silaturahmi dengan semua pimpinan parpol di Jatim. Ini dalam rangka untuk komunikasi politik dan mencari masukan sebelum Pakde Karwo memastikan maju kembali running Pilgub  2013. Komunikasi politik itu terutama dilakukan kepada 12 parpol di Jatim yang memiliki wakilnya (anggota legislatif) di DPRD Jatim.

“Saya memilih wakil dari NU sebagai upaya untuk keseimbangan. Baik keseimbangan sosial politik maupun kebudayaan di Jatim,” tegasnya.

Sementara Gus Ipul sendiri yang mendampingi Pakde Karwo hanya tersenyum tersipu-sipu, ketika orang nomor satu di Jatim itu mendeklarasikan diri. “Alhamdulillah, ini hari Jumat adalah hari baik. Saya mantab dan cocok bersama Pakde Karwo.  tuturnya.

Diumumkannya Gus Ipul sebagai cawagub, sekaligus menepis berbagai rumor yang selama ini berhembus cukup kencang. Sebagaimana diketahui, ada beberapa nama cawagub yang disebut-sebut bakal mendampingi Pakde Karwo, di antaranya, Sirmadji (Ketua DPD PDIP Jatim), Abdul Halim Iskandar (Ketua DPW PKB Jatim), Musyafak Noer (Ketua DPW PPP Jatim), Imam Nahrawi (Sekjen DPP PKB) dan Martono (Ketua DPD Partai Golkar Jatim).

Sementara sebelumnya Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa belum berani memastikan apakah partainya tetap mendukung pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) pada pilgub Jatim 2013.

Dalam memutuskan cagub atau cawagub di Jatim, PAN masih akan melakukan mekanisme sesuai aturan yang berlaku. Sehingga, orang nomor satu di PAN ini masih menutup rapat-rapat siapa yang bakal didukung dalam pilgub Jatim. Jika tidak mendukung duet Karsa Jilid II, PAN juga belum menentukan bakal mengusung kader sendiri atau tidak.

“Hingga saat ini, keputusan partai memang belum ada, apakah kami mengusung kader atau bukan. Jadi sekarang masih menunggu, nanti kalau sudah mendekati saja baru diumumkan,” kata Hatta Rajasa belum lama ini.

Dia mengakui duet Karsa sebagai Gubernur dan Wagub Jatim masih yang terbaik. “Soekarwo dan Saifullah Yusuf masih baik sebagai gubernur dan wakil gubernur Jatim,” ujarnya.

Jika PAN tidak mengusung Karsa lagi pada pilgub Jatim 29 Agustus 2013, ada tiga nama kader yang mencuat yakni Suyoto (Bupati Bojonegoro/Ketua DPW PAN Jatim), Masfuk (mantan Bupati Lamongan/Ketua Dewan Pertimbangan PAN Jatim), dan Fuad Amin (Bupati Bangkalan). Selain itu, juga muncul nama Khofifah Indar Parawansa dan Muhajir Effendi. (R-12/R9)