Pakde Karwo : TNI Benteng Terdepan Jaga Keamanan dan Kedaulatan Bangsa

 Hankam

Pakde Karwo : TNI Benteng Terdepan Jaga Keamanan dan Kedaulatan Bangsa

Surabaya,(DOC)-Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi benteng terdepan dalam menjaga keamanan bangsa dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk itu, TNI harus didukung sepenuhnya sekaligus diapresiasi keberadaannya.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo,  seusai menghadiri Dirgahayu TNI yang ke-67 di Lapangan Makodam V Brawijaya, Jumat (5/10).

Ia mengatakan, aparat keamanan seperti TNI dan Polri merupakan komponen yang diharapkan oleh masyarakat untuk menjaga situasi keamanan dan kenyamanan, khususnya dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI.

Situasi dan kondisi masyarakat Jatim saat ini sangat aman dan nyaman dibanding propinsi lain di Indonesia. Ketentraman dan ketertiban masyarakat merupakan tanggung jawab mutlak dari aparat kepolisian, akan tetapi keamanan suatu negara dan bangsa serta menjaga kedaulatan NKRI sekaligus menjaga batas-batas wilayah merupakan tugas utama dari TNI.

Ketika menanggapi wartawan soal banyaknya para veteran di masa tuanya belum mendapatkan kehidupan yang layak, Pakde Karwo mengatakan, kebijakan mengenai harkat hidup para veteran merupakan kewenangan dari pemerintah pusat. “ Kebijakan mengenai harkat hidup seseorang, tidak bisa menjadi suatu kebijakan spesifik yang bisa dilakukan di daerah, karena apabila dilakukan dapat menimbulkan ketidakadilan,” ujarnya.

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Murdjito menegaskan, sejarah telah mencatat bahwa TNI lahir dari rahim perjuangan Bangsa Indonesia, kemudian tumbuh dan berkembang melanjutkan pengabdian kepada ibu pertiwi dan selalu bersama-sama menjadi satu dengan rakyat.

Untuk itu, sebagai generasi penerus TNI, sudah seharusnya kita menyampaikan rasa hormat dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh para pejuang rakyat yang telah mendedikasikan diri dan hidupnya kepada TNI pada khususnya, serta kepada Bangsa Indonesia pada umumnya.

Pada Peringatan Hari Jadi TNI ke-67 Tahun 2012, TNI menyatakan kebulatan tekadnya yang duituangkan dalam sebuah tema yakni “ Dilandasi Profesionalisme, Semangat Juang dan Soliditas, TNI Bersama Segenap Komponen Bangsa Siap Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan Wilayah NKRI”.

Upacara yang dimeriahkan oleh Orkes Simfoni gabungan TNI tersebut, juga disampaikan Tanda Kehormatan Negara RI kepada para prajurit TNI yang mempunyai kedisiplinan tugas sangat baik, berupa Satya Lencana Darma Bantala, Satya Lencana Kesetiaan XXIV, XVI dan VIII Tahun.

Upacara diakhiri dengan syukuran dan hiburan yang ditandai dengan pemotongan tumpeng diikuti serangkaian aksi dari marching band dan atraksi terjun payung. (R-12/R-9)