Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas PNS dan Pejabat

Tidak ada komentar 130 views

Jakarta,(DOC) – Pemerintah berencana akan memangkas anggaran perjalanan dinas PNS dan pejabat negara pada 2014. Salah satunya dengan melarang para menteri dan PNS menggunakan layanan perjalanan dinas khususnya penerbangan first class.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengatakan para menteri dan pejabat lainnya harus tahu diri dengan kondisi keuangan negara. Tidak selayaknya di tengah sulitnya anggaran negara malah digunakan untuk layanan dinas seperti penerbangan first class.

“Semua menteri nggak boleh naik first class nggak ada masalah, kalau keadaan keuangan negara kayak gini harus tahu diri juga. Ikutin saja nggak ada masalah, yang penting ke bawah lah yang penting bisa berangkat,” ungkap Agung saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2013)

Menurutnya, anggaran Rp 32 triliun memang terlalu besar untuk perjalanan dinas. Ia menilai pengurangan bisa dilakukan hingga 30% dari kenaikan yang sebesar Rp 8 triliun.

“Ini wide body kursinya ekonomi tapi dilebarin sedikit. Anggaran Rp 32 triliun kebanyakan, kurangilah 20%-30% dari kenaikan,” sebutnya.

Selain tidak boleh menggunakan first class, menurut Agung juga perlunya pengurangan jumlah perjalanan misalnya untuk rapat kerja yang bisa dilakukan di kantor.

“Terus solusinya mengurangi jumlah perjalanan yang tidak perlu. Contohnya kalau raker nggak perlu daerah, di kantor masing-masing saja nggak perlu di Bali. Rakornas juga seringnya di Jakarta, kecuali di lapangan ada bencana,” pungkasnya.

Anggaran perjalanan dinas pada tahun 2014 tercatat dipatok sebesar Rp 32 triliun atau naik Rp 8 triliun dari tahun ini Rp 24 triliun.(dtk/r7)