Pangkosek II pimpin Pengamanan Lalu Lintas Udara di Bali

Bali(DOC)Panglima Komando Sektor(Pangkosek) II Marsekal Pertama TNI A. Dwi Putranto sebagai Komandan Satuan Tugas Pertahanan Udara(Dansatgashanud) dalam rangka Bali Democracy Forum (BDF) ke-VI tahun 2013, memimpin langsung Pengamanan Lalu Lintas Udara Wilayah Nasional,khususnya di seputar Bali, Jumat (8/11/2013).

Sejak tanggal 5 November 2013, lalu lintas udara diseluruh wilayah Indonesia khususnya di Bali tempatberlangsungnya BDF ke-VI dimonitor di ruang operasi Komando Sektor (Kosek) II di Bali.

Pangkosek II Marsekal Pertama TNI A. Dwi Putrantodidampingi Asisten Operasi Pangkosek II Kolonel Fajar Adriyanto beserta staf memonitor lalu lintas udara melalui layar monitor tentang gerakan pesawat.

Pesawat-pesawat yang telah mendapatkan ijinterbang akan tampil dilayar dengan menunjukkan sinyal, apabila ada pesawat yang belum mendapatkan ijin terbang atau penyelundup maka akan diketahui melalui sinyal monitor dan dilaporkan ke Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas), selanjutnya dilaporkan kepada Panglima TNI.

Bila perintah Panglima TNI untuk diikuti atau dihalau keluar dengan menggunakan pesawat tempur jenis tertentu, maka pesawat diterbangkan dimana pesawat tersebut berada, seperti pesawat Sukhoi akanditerbangkan dari Lanud Makassar.

Sampai pada hari kedua pelaksanaan Bali Democracy Forum ke-VI tahun 2013, satuan-satuan tugas pengamanan tetap konsisten melaksanakan pengamanan sesuai bidang tugas masing-masing, Sementara itu, situasi keamanan khususnya di Bali tetap kondusif, hal ini tidak terlepas dari partisipasi seluruh lapisan masyarakat di Bali yang bekerja sama dengan Satuan Tugas Pengamanan BDF ke-VI Tahun 2013.(puspen/r7)