Panglima TNI Lakukan Penanaman Kedelai di Subang

Tidak ada komentar 175 views

Surabaya,(DOC) Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko didampingi Menteri Pertanian Dr. Ir. Suswono, MMA., melakukan penanaman kedelai sebagai Pencanangan Gerakan Perluasan Tanam Kedelai kerjasama Kementerian Pertanian RI, Tentara Nasional Indonesia dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mendukung Ketahanan Pangan Nasional, di Desa Cijengkol, Kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (14/5/2014).

Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Kementerian Pertanian (Kementan) RI tentang kerja sama dalam program pembangunan pertanian dalam rangka mewujudkan program ketahanan pangan nasional. Panglima TNI mengatakan bahwa Tentara Nasional Indonesia memiliki komitmen untuk mendukung ketahanan pangan nasional, dengan memberikan bantuan pembangunan di sektor pertanian. “TNI dilibatkan dalam kegiatan ini, karena prajurit TNI tidak banyak tugas di daerah operasi dan kegiatan hanya latihan dan latihan”, kata Jenderal Moeldoko.

Lebih lanjut Jenderal TNI Moeldoko mengatakan, prajurit TNI bisa digunakan semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat dan memberikan komitmen yang kuat untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Namun demikian, jumlah personel TNI yang dilibatkan untuk membantu kegiatan di bidang pertanian ini disesuaikan dengan kebutuhan seperti dilakukan dengan Kementerian PU untuk membantu perbaikan jalan akibat banjir. Begitu juga dengan Kemenpera mengawal rehabilitasi rumah rakyat, prajurit TNI dikerahkan di lapangan untuk ikut membantu.

Sementara untuk lahan tidur yang ada dimiliki TNI, menurut Panglima TNI, sangat mungkin, lahan tidur tersebut akan dimanfaatkan dan digunakan untuk meningkatkan produksi padi, jagung maupun kedelai, seperti di Kodam V/Brawijaya Jawa Timur, Kodam IV/Diponegoro Semarang dan Kodam XVII/Cendrawasih Papua.

Turut hadir pada acara tersebut, diantaranya, Wakasad, Aster Panglima TNI, Kapuspen TNI dan Pangdam III/Siliwangi.(puspen/r7)