Panglima TNI Lepas Jemaah Calon Haji TNI

Tidak ada komentar 149 views

Jakarta (KN) – Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., melepepas jemaah calon haji TNI tahun 1433 H/2012 M, bertempat di Aula Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Kamis (4/10/2012).Jumlah keseluruhan anggota TNI, Pegawai Negeri Sipil (PNS) beserta keluarga besar TNI yang terdaftar dan diberangkatkan menunaikan ibadah haji sebanyak 1.107 orang, meliputi: calon haji yang diberangkatkan melalui Badan Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) Badan Koordinasi Urusan Haji (Bakuh) TNI sebanyak 204 orang, terdiri dari TNI AD 36 orang, TNI AL 61 orang, TNI AU 37 orang dan Mabes TNI 70 orang.  Sedangkan yang diberangkatkan dari BPIH  di luar Bakuh sebanyak 903 orang, terdiri dari TNI AD 658 orang, TNI AL 99 orang, TNI AU 112 orang, Mabes TNI 13 orang dan Kemhan 21 orang.

Jemaah calon haji Bakuh TNI tergabung dalam Kloter 29/GA 7115, direncanakan masuk Asrama Haji Pondok Gede Jakarta tanggal 10 Oktober 2012 pukul 07.00 WIB, dan berangkat tanggal 11 Oktober 2012 pukul 06.00 WIB. Sementara jamaah calon haji lainnya berangkat sesuai Kloter dan jadwal yang telah diatur oleh Kementerian Agama setempat.

Panglima TNI dalam sambutannya mengucapkan selamat dan turut berbahagia kepada jemaah calon haji keluarga besar TNI, yang pada tahun ini mendapat kesempatan memenuhi undangan untuk berkunjung ke Baitullah dan menunaikan ibadah haji.

Panglima TNI berharap dan mendoakan, semoga ibadah haji yang akan dijalani dapat berjalan khusuk dan lancar, serta dapat melipatgandakan kualitas iman, Islam dan ikhsan.  Bersujud di depan Kabah, berwukuf di Padang Arafah, dan bershalawat di Masjid Nabawi, merupakan dambaan sekaligus kerinduan bagi seluruh umat muslim. Kerinduan akan menjadi kebahagiaan yang sempurna, jika mendapat pahala yang mabrur dari Allah SWT. Itulah esensi ibadah haji yang ingin diraih.

Panglima TNI juga menegaskan bahwa pada aspek ilmu tauhid, ibadah haji adalah penegasan total makna “meng- Esa-kan” Allah SWT, yang diungkapkan dalam semua aktivitas mulai dari gerakan hati, ucapan lisan, sikap perbuatan dan pengorbanan.  Hal-hal tersebut merupakan puncak ekspresi ketakwaan dalam ibadah haji.

Sedangkan pada aspek ubudiyah, moment haji adalah even Internasional yang fenomental. Karena bukanlah hal yang biasa, lebih dari dua juta manusia dari berbagai belahan dunia dengan berbagai kebangsaan dan beragam bahasa, serta budaya bertemu di satu tempat melakukan aktivitas ibadah bersama. Oleh karena itu rangkaian ibadah merupakan aktivitas kolosal yang melatih umat Islam dalam menginternalisasi nilai-nilai kebersamaan dan akhlak terhadap sesama secara praktis.

Hadir dalam pelepasan jemaah calon haji tersebut antara lain, Kasum TNI, Irjen TNI, perwakilan Kas Angkatan, para Asisten Panglima TNI, Wakapuspen TNI dan sejumlah pejabat di lingkungan TNI. (red)

(Sumber berita Puspen TNI/Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc., M.Si., M.A.)