Panglima TNI MoU Bersama PT Pelni

Tidak ada komentar 147 views

Jakarta, (DOC) – Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., didampingi Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio, M.M. dan Direktur Utama PT. Pelni Syahril Japarin secara resmi menandatangani Nota Kesepakatan Bersama antara TNI dan PT. Pelni, di Auditorium PT. Pelni Jakarta, Kamis (15/8/2013). Nota Kesepakatan tersebut menyangkut tentang bantuan pengamanan pelayaran. Disamping itu, disepakati pula tentang penggunaan personel dan peralatan/perlengkapan TNI serta sarana dan prasarana pendukung.
Dalam amanatnya Panglima TNI menyampaikan bahwa Nota Kesepakatan ini menjadi wujud pengabdian TNI dan PT. Pelni dalam rangka mendorong percepatan pembangunan nasional. Transportasi memiliki fungsi strategis sebagai katalisator dalam menunjang dan menggerakkan dinamika pembangunan, serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah. Pada sisi lain, tranportasi juga merupakan perekat integritas wilayah NKRI.
Sinergitas yang perlu dibangun antara TNI dan PT. Pelni yang memiliki efek domino bagi kepentingan sosial politik dan ekonomi ditinjau dari aspek pelayanan publik, sekaligus turut serta dalam mendukung pelaksanaan tugas TNI, baik sisi mobilitas sarana transportasi bagi kepentingan pertahanan negara maupun dalam mendukung upaya deteksi dini terhadap terjadinya pelanggaran keamanan dan kedaulatan wilayah laut.
Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa Nota Kesepakatan ini akan memperbesar momentum pengabdian TNI dan PT. Pelni dalam turut mewujudkan Indonesia menjadi negeri Maritim yang sejahtera, aman dan berdaulat. Namun demikian tentunya sangat tergantung kepada kapasitas komunikasi dua arah, yang dapat diimplementasikan secara efektif, efisien, dan transparan, guna mendukung setiap program dan kegiatan yang telah ditetapkan.
Untuk itu, pengaturan kerja sama teknis sebagai Standard Operating Procedure (SOP), dengan mempertimbangkan tugas pokok, kemampuan dan batas kemampuan masing-masing, baik dalam konteks bantuan pengamanan pelayaran, maupun dalam konteks penggunaan personel, peralatan dan perlengkapan, sehingga apapun yang kita lakukan baik dalam skala kecil maupun skala besar berada pada tata aturan yang berlaku dan secara efektif dapat bermanfaat bagi kepentingan dan keamanan nasional.
Turut hadir pada acara tersebut, Kasum TNI Marsdya TNI Boy Syahril Qamar, S.E., Irjen TNI Letjen TNI Geerhan Lantara dan para Asisten Panglima TNI serta Kapuspen TNI Laksda TNI Iskandar Sitompul, S.E. (puspen/r4)