Panglima TNI Tutup Latgab TNI 2014 di Surabaya

Tidak ada komentar 143 views

Surabaya, (DOC) – Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko secara resmi menutup Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2014 dalam suatu upacara militer di Dermaga Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Ujung Surabaya, Jumat (6/6/2014). Upacara tersebut ditandai dengan pelepasan tanda peserta latihan, yang sekaligus menandai berakhirnya latihan gabungan yang melibatkan 15.108 prajurit dari tiga matra kekuatan TNI tersebut.
Panglima TNI dalam amanatnya menyampaikan bahwa bagi TNI, latihan dan latihan adalah tugas prajurit dalam menunaikan tugas negara guna memenuhi tuntutan jaminan terhadap keamanan dan keselamatan bangsa. Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI juga mengucapkan terima kasih dan bangga kepada segenap prajurit TNI, atas motivasi, disiplin dan semangat berlatih.
“Latihan ini akan semakin meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para prajurit sekalian, guna menghadapi tuntutan tugas di masa mendatang yang tidak semakin ringan,” kata Jenderal TNI Moeldoko.
Panglima TNI juga memerintahkan kepada seluruh unsur pimpinan satuan di jajaran TNI, untuk menyiapkan kapasitas personel dan satuan dalam rangka menyambut kehadiran Alutsista, baik terkait sinkronisasi doktrin, penyiapan strategi, operasional, maupun taktik dan prosedur.
“Realisme latihan harus menjadi fokus dalam evaluasi Latihan Gabungan TNI tahun 2014, khususnya realisme penggunaan IT dalam komando dan pengendalian operasi gabungan di setiap strata sesuai sifatnya, baik yang bersifat stasioner maupun bersifat mobile”, ujar Panglima TNI.
Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI menekankan agar melaksanakan evaluasi secara rinci, kritis dan tajam serta transparan guna mendapatkan perspektif yang lebih luas, bagi kepentingan penyempurnaan doktrin, strategi, taktik, teknik dan prosedur serta bagi kepentingan elaborasi aspek psikologis, penelitian dan pengembangan khususnya yang terkait dengan peningkatan kemampuan interoperability.
Upacara penutupan ini dihadiri oleh Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio, Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, Kasum TNI Laksdya TNI Ade Supandi, S.E., Pangarmatim Laksda TNI Sri Mohamad Darojatim dan segenap pejabat teras TNI lainnya. (puspen/r4)