D-ONENEWS.COM

Para Delegasi Prepcom Habitat Yakini Surabaya Akan Semakin Maju

Surabaya,(DOC) –  Bukan hanya Secretary General of Habitat III, Joan Clos yang memuji perkembangan kota Surabaya yang begitu pesat, namun juga para delegasi lainnya dari sejumlah negara yang hadir pada acara Prepcom 3 UN Habitat III di Grandcity.
Surabaya yang kini sudah menjadi metropolitan, masih tetap konsisten menyuguhkan keindahan di kawasan pinggir kota, termasuk diantaranya Kenjeran.
Profesor Peter J Russel, pengajar  pada Fakultas Teknik Arsitektur dan Lingkungan, Delf University of Technology Belanda, mengungkapkan, kekagumannya pada lingkungan yang ada di Kota Pahlawan ini. Menurutnya, kota surabaya sangat bersih. Ia yakin, Kota Surabaya akan semakin maju.
“Kota ini bagus , karena meski terus tumbuh, tapi bisa menjaga kebersihan lingkungannya,” tuturnya sembari melihat ruang pameran UN Habitat, Senin(25/7/2016)
Peter  menilai kota surabaya sangat potensial sebagai kota yang bisa mengembangkan pembangunan berkelanjutan. Pasalnya, masih banyak space (ruang) yang ada untuk melaksanakannya.
“Dibanding Jakarta, yang tak mungkin bisa tumbuh lagi,” tegasnya
Senada dengan itu, delegasi lainnya dari Jepang, Shohei Kanazawa, salah seorang peneliti pada Regional Policy Division National Spatial  Planning and Regional Policy Bureau mengaku terkesan dengan Kota Surabaya. Selain memiliki banyak anak muda, kota ini juga potensial untuk terus berkembang. Shohei bahkan, menilai untuk ruang terbuka hijau, Surabaya melebihi dari jepang.
“Kota ini sangat hijau, dibanding kota-kota di jepang,” akunya
Ia mengakui, perkembangan kota surabaya luar biasa. Sepanjang jalan dipenuhi dengan gedung –gedung tinggi. Bahkan, perkembangan infrastrukturnya ditunjukkan dengan adanya akses jalan tol di beberapa kawasan. Akses jalan tersebut ditunjukkan melalui Middle East ring road, froantage road, dan middle West Ring Road.
“Jadi tolnya memang banyak,” katanya
Hanya saja, ia agak kaget dengan perkembangan jumlah kendaraan bermotor di surabaya. Ia menilai jumlah kendaraan roda dua di kota surabaya jauh lebih besar dibanding dengan negaranya.(k4/r7)

Loading...