Partai Islam Berbagi Suara di 2014

Tidak ada komentar 135 views

Jakarta, (DOC) – Bekas anggota DPR RI sekaligus Budayawan Betawi, Ridwan Saidi, mengatakan koalisi partai Islam atau partai bercirikan Islam bisa meraup 25 persen suara pada Pemilu 2014. Lima partai tersebut adalah Partai Keadilan Sosial, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
“Lima partai ini 25 persen maksimal mendapatkan suara,” ujar Ridwan saat menjadi pembicara dalam diskusi Redbons Discussion bertajuk “Nasib Parpol Nasionalis & Parpol Agamis di Pemilu 2014” di Cikini, Jakarta, Sabtu (30/11:2013).
Menurut Ridwan, PKS misalnya, walau diberitakan kadernya korupsi, ternyata tidak terlalu berpengaruh ke daerah karena ketokohan kadernya di daerah. Menurutnya, pemberitaan PKS adalah partai korupsi karena pemberitaan di Jakarta.
“PKS yang dilanda korupsi nggak ngaruh banyak karena dia lahirkan tokoh-tokoh yang berhasil di daerah. Ridwan Kamil (Walikota Bandung), Ahmad Heryawan (gubernur Jawa Barat. Karena mereka jauh dari Jakarta. Ini tidak mendapat tempat yang adil. Tapi di daerah mereka mendapat tempat,” lanjut Ridwan.
PPP, lanjut Ridwan, walau terkena musibah musibah Musi Rawas, partai berlambang Ka’bah tersebut masih bisa menembus elektoral.
“PBB yang dianggap enteng saya anggap keliru. Cukup signifikan massa keras PBB,” lanjut dia.
Partai bercirikan Islam yang jatuh adalah Partai Amanat Nasional (PAN) karena kurang kuatnya ketokohan Hatta Rajasa. Menurutnya, Hatta tidak terkenal di grass root atau masyarakat pemilih.
“Menurut saya, partai Islam ini 25 persen (partai) berlima itu dapat,” tukasnya. (tb/r4)