Partai Islam Prakarsai ‘The Greater Indonesia Raya’

Jakarta,(DOC) – 5 perwakilan Partai Islam menengah yakni PPP, PAN, PKB, PKS, dan PBB berkumpul dengan pimpinan sejumlah ormas Islam di rumah pengusaha Hasyim Ning di Cikini, Jakarta Pusat. Mereka sedang menjajaki format baru koalisi.

“Policy besarnya, the greater Indonesia Raya. Seperti disebut dalam lagu kebangsaan. Jadi ini tahap awal,” kata Ketua MPP PAN Amien Rais usai pertemuan di Cikini, Jakpus, Kamis (17/4/2014).

Namun demikian belum ada capres yang disepakati akan diusung. Karena format koalisinya juga belum jelas.

Pertemuan lanjutan dari malam ini akan segera dilakukan. Parpol Islam sedang mencari format baru yang memungkinkan kerja sama jangka panjang di pemerintahan.

Di tempat yang sama, Presiden PKS Anis Matta menuturkan Partai Islam tak pernah berpisah selama 15 tahun terakhir. Kini Anis berharap Partai Islam tetap bersatu 5 tahun ke depan.

“Pada prinsipnya partai Islam tidak pernah pisah, selalu ada dalam pemerintahan dan koalisi dalam 15 tahun ini. Yang dicari sekarang adalah format koalisi baru yang memungkinkan partai Islam seluruhnya berada dalam pemerintahan yang akan datang,” tutur Anis.

Pertemuan ini dihadiri oleh belasan perwakilan dari parpol dan ormas Islam. Dari 4 Parpol Islam antara lain Ketua MPP PAN Amien Rais, Presiden PKS Anis Matta, Bendahara Umum PKB Bachruddin Nasori, dan Wakil Ketua Umum PPP Emron Pangkapi. Hadir juga perwakilan dari PBB yang menurutquick count tak lolos ke DPR. Sementara tokoh yang diundang yaitu diantaranya Prof. Dr. KH. Din Syamsuddin (Ketua MUI Pusat), Prof. Dr. KH. Said Aqil Siraj (Ketua PBNU), KH. Hasyim Muzadi (Dewan Pembina PBNU), KH. Mustofa Bisri (Dewan Pembina PBNU), KH. Salahuddin Wahid (Dewan Pembina PBNU), Prof. Dr. KH. Didin Hafidhudhin (Ketua Dewan Syariah Nasional), Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB), Ir. Hatta Rajasa (Ketua Umum PAN), Drs. H. Suryadharma Ali, M.A (Ketua Umum PPP), Dr. H. Hamzah Haz, M.A., Ph. D (Dewan Pembina PPP), Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra, S.H., M.Sc (Ketua Umum PBB), Rhoma Irama (Calon Presiden RI Fraksi PKB), Prof. Dr. Muhammad Mahfud. MD (Calon Presiden RI Fraksi PKB), Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla (Ketua Dewan Masjid Indonesia) dan sejumlah tokoh organisasi islam lainnya.(dc/r7)