Pasar Tradisional Se-Surabaya Semrawut

Tidak ada komentar 210 views

Surabaya-DOC,Komisi C DPRD Surabaya kemaren melakukan sidak ke lokasi sejumlah pasar traditional di Surabaya salah satunya pasar keputran.

Kunjungan kali ini untuk memastikan kondisi pasar tradisional dibawah pengelolaan PD Pasar Surya yang disinyalir masih memprihatinkan dan belum tertangani secara baik.

Hal ini terbukti dari kondisi yang ada di pasar keputran Surabaya,minimnya sarana dan prasarana penunjang dan ditambah dengan beralihnya fungsi sebagian area di lantai atas dimana tidak untuk berjualan tapi bahkan untuk tempat tinggal semakin memperburuk kondisi pasar tersebut.

Untuk itu Komisi C berharap agar ada perhatian lebih dari pemerintah Kota Surabaya atas pasar Keputran ini.Menurut Sachirul Alim ketua Komisi C DPRD Surabaya,pembenahan pasar Keputran mutlak diperlukan mengingat kondisinya yang sudah tidak layak lagi sebagai area perdagangan,selain kumuh juga fungsi pasar

tidak berjalan dengan maksimal.Pendapat senada juga disampaikan oleh Reni Astuti anggota Komisi C DPRD Surabaya yang menekankan agar PD Pasar melakukan pendekatan lagi ke pedagang serta lebih inovatif untuk merubah kondisi pada keputran tersebut.

“Kita tidak kaget juga ya terkait kondisi pasar tradisional di Surabaya dimana sarana dan prasarana infrastruktur sangat kurang sehingga yang semestinya digunakan sebagai tempat jualan tapi justru digunakan untuk hal lain.Tapi saya tidak menyalahkan sepenuhnya pedagang yang semstinya tugas PD Pasar yang harus mampu merubah menjadi fungsi semula.

Dan hal ini harus dibarengi dengan dukungan yang cukup menyangkut sarana dan prasarana yang memadai sehingga pedagang menjadi sadar untuk melakukan pembenahan.

Tipologi pedagang adalah berharap agar dagangan laku sedangkan pembeli juga inginnya bisa mengakses secara mudah.Sehingga akhirnya terjadilah luberan pedagang yang justru memilih berdagang di area luar (di jalan ) daripada di dalam area pasar.Hal ini yang perlu dicarikan solusi melalui pendekatan yang baik.”ujar Reni Astuti.

Selain pasar Keputran sejumlah pasar traditional lainnya hingga kini masih belum mendapatkan penanganan maupun revitalisasi dari pemerintah kota Surabaya,ironisnya kondisi pasar traditional yang masih jauh dari kelayakan itu kini juga makin terhimpit dengan keberadaan pasar modern yang terus berkembang.(K5/adv)