Pasien Difteri di Jatim Masih Tinggi, Dalam Setahun RSUD Dr. Soetomo Rawat 60 Jiwa

foto : gedung RSUD Dr. Soetomo Surabaya

Surabaya,(DOC) – Seorang warga Medokan Ayu Surabaya terpaksa harus di rujuk di RSUD Dr. Soetomo, karena terjangkit wabah difteri.

 

Difteri ini merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacteriu dengan gejala sakit tenggorokan, demam, dan terbentuknya lapisan di amandel dan tenggorokan. Jika dibiarkan, infeksi ini bisa menyebar ke organ tubuh lain seperti jantung dan sistem saraf.

 

“Pasien difteri kita rawat diruang isolasi khusus karena menular dan berbahaya,” ungkap Dr. Hendrian Dwikoloso, Wakil Direktur Penunjang Medik RSUD Dr. Soetomo Surabaya, Jumat(8/12/2017).

 

Ia menambahkan, sepanjang tahun 2017, RSUD Dr. Soetomo telah menangani pasien difteri sebanyak 61 orang. Bahkan dibulan Desember saja sudah 5 pasien difteri yang telah dirawat dan 2 pasien diantaranya sudah diijinkan pulang. Namun jumlah pasien difteri ini lebih rendah dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 65 pasien.

 

“Masih ada tiga pasien difteri yang hingga sekarang menjalani penanganan medis di ruang isolasi khusus. Selama ini seluruh pasien masih bisa tertolong,” pungkasnya.(hd/r7)