Passing Grade CPNS di Umumkan BKN

Tidak ada komentar 177 views

Surabaya,(DOC) – Kabar gembira bagi para peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang tengah harap-harap cemas menunggu pengumuman. Dalam waktu dekat, Pemkot Surabaya bakal mengumumkan siapa saja yang berhak mengisi formasi CPNS tahun penerimaan 2013. Hal itu seiring telah diterimanya dokumen hasil tes dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).
Berkas dari BKN tersebut ditempatkan dalam sebuah tas berwarna hitam dalam kondisi tersegel rapat. “Setelah diserahkan kepada Pemkot, tas ini kami titipkan ke kantor polisi. Sampai sekarang belum kami buka sehingga tidak ada seorang pun yang tahu isinya. Rencananya akan dibuka bersama-sama besok dihadapan saksi,” terang Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Surabaya Mia Santi Dewi saat jumpa pers di balai kota, Kamis (21/11).
Namun demikian, Mia yang saat itu hadir bersama Asisten I Sekkota Yayuk Eko Agustin dan Asisten IV Eko Haryanto menjelaskan, hasil yang dimaksud masih berupa ranking peserta. Artinya, dokumen tersebut memuat para peserta tes yang lolos passing grade. Jadi bukan berarti nama yang tercantum langsung diterima menjadi CPNS melainkan masih harus disesuaikan dengan kebutuhan formasi Pemkot Surabaya.
Misalnya, sambung Mia, kalau yang lolos passing grade ada sepuluh orang sementara untuk formasi yang dilamar hanya butuh tiga, maka posisi tiga terataslah yang diambil. “Bahkan sangat mungkin kalau tidak ada yang lolos passing grade, berarti formasi itu kosong,” ujarnya.
Hanya, khusus untuk formasi penterjemah, Mia mengatakan masih harus menjalani tes kompetensi bidang (TKB) setelah dinyatakan lolos. TKB dimaksudkan untuk benar-benar menguji skill interpreter, dengan demikian pemkot memastikan penterjemah tidak hanya jago di tes teori, tapi juga mahir dan kompeten dalam praktiknya. “Yang pasti, segera setelah hasil dari BKN diketahui, pemkot langsung menyesuaikan dengan jatah formasi. Kami upayakan pengumuman bisa dilihat di website surabaya.go.id secepatnya,” imbuhnya.
Untuk diketahui, proses seleksi CPNS tahun ini menggunakan sistem CAT (computer assisted tes). Materi yang diujikan meliputi tiga komponen, yakni pengetahuan umum, wawasan kebangsaan, dan karakteristik pribadi. Peserta akan dinyatakan lolos passing grade kalau nilainya melampui batas minimal di ketiga komponen tersebut.
Sebagai gambaran, tes CPNS di lingkup Pemkot Surabaya tahun ini diikuti oleh 9.614 orang. Sedangkan formasi yang tersedia total 375 dengan rincian 200 tenaga pendidikan, 100 tenaga kesehatan, dan 75 tenaga teknis.(humas/r7)